--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Kamis, 04 Mei 2017

apa saja ketentuan aqiqah anak

Filled under:

apa saja ketentuan aqiqah ?

  • anak yang baru lahir disunahkan aqiqah di hari ke 7 kelahirannya,ke 14 nya atau ke 21 nya,atau kalau belum memungkinkan,boleh kapan saja saat telah memungkinkan untuk melaksanakan aqiqah,seperti Nabi SAW aqiqahnya setelah diangkat menjadi Rosul,padahal Nabi SAW diangkat menjadi Rosul itu berumur 40 tahun,kalau kalian sudah umur berapa? sudah aqiqah belum yach...?
  • untuk laki laki disunahkan menyembelih 2 ekor kambing & anak perempuan 1 ekor saja
  • kalau hanya mampu menyembelih 1 ekor untuk anak laki - laki bagaimana? ya sah sah saja,seperti yang pernah dilakukan oleh Rosulullah SAW yang mengaqiqahi cucu - cucunya yang bernama Hasan & Husain...masing - masing 1 ekor kambing,itu boleh,namun kalau kelak ada rezeki,tambah satu ekor lagi ya....
  • apakah kambingnya harus jantan? ooo tidak harus,karena Nabi SAW sendiri tidak pernah menyuruh umat untuk menyembelih kambing jantan dalam syariat aqiqah,betina pun boleh asal sesuai syarat sah nya aqiqah & ditambah tidak sedang mengandung & menyusui anaknya...kasian kan....
  • nah,ini dia penting !!!! saat penyembelihan harus dengan do,a aqiqah,"Bismillah Allahu Akbar,hadzihi min aqiqoti (nama yang diaqiqahi bin/binti nama ayah kandungnya)"
  • pisaunya ditajamkan dulu ya....jangan sampai nggak tajam,itu menganiaya hewan,pas nyembelih,kambing lainnya jangan sampai lihat ya...jaga perasaan kambing lainnya...hoho kambingnya baper ntar...hehe
  • dibagi ke tetangga kalau udah mateng aja,jangan mentahan,karena sunahnya begitu...kalau qurban iya...dibagi mentahan aja biar dimasak sendiri
  • Nah kalau urusan cari nama,banyak tuh referensi dari internet...ketentuannya ngasih nama anak yang penting namanya baik,syukur2 mengandung unsur do'a yang baik...jangan dikasih nama yang bertentangan dengan syariat ya....
  • Contoh nama yang bertentangan dengan syariat itu nama iblis,azazil,Tuhan,khimar,dsb.
  • Kalau mau ngasih nama anak dengan salah satu nama nya Allah depannya kasih tambahan Abdul ya...misal Abdul karim,jangan Karim aja...itu salah satu julukan Allah
  • Lalu kalau hewan aqiqah diganti selain kambing boleh nggak? Ya nggak boleh....karena sunahnya adalah kambing.bukan selain kambing.meskipun sapi lebih mantep ya...tapi nggak sah aqiqahnya....nah kalau qurban iya...boleh pakai hewan selain kambing...pakai sapi,kerbau,unta,kuda,boleh itu...
  • Keluarga yang aqiqah boleh makan nggak sih?....boleh kok...sekedar mencicipi,ikut makan sebagian itu boleh.kecuali dimakan keluarga semua...itu malah nggak boleh.karena hakikinya aqiqah adalah berbagi dengan sesama
  • Oke sementara itu dulu gaees...semoga bermanfaat
  • Thang kyu...