--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Selasa, 09 Mei 2017

apakah daging aqiqah boleh dimakan keluarga yang aqiqah

Filled under:

apakah daging aqiqah boleh dimakan keluarga yang aqiqah
diperbolehkannya Pembagian atau pendistribusian daging Aqiqah dan Qurban adalah sama. Perbedaannya kalau daging qurban sunahnya dibagikan ketika masih mentah sedangkan daging aqiqah sunahnya dibagikan dalam keadaan telah dimasak. Teknis pembagian dagingnya silakan saja asal tidak menyalahi syari'at dan tepat sasarannya.lebih baik apabila dibagikan kepada orang yang membutuhkan seperti anak anak panti atau fakir miskin. Intinya aqiqah itu adalah ungkapan rasa syukur atas anugrah Allah SWT dengan kelahiran sang Buah bayi.
Allah Ta’ala berfirman: “Maka makanlah sebagiannya (dan sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang sengsara lagi fakir.” (QS. Al-Hajj: 28)

Dan ketika lambung hewan telah roboh(mati disembelih) Maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang terjaga dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta ) dan orang yang meminta secara terang terangan.” (QS. Al-Hajj: 36).
Sebagaian kaum Salaf lebih menyukai membagikan daging aqiqah atau qurban menjadi tiga bagian berdasarkan ayat-ayat diatas:
Sepertiganya untuk dimakan diri sendiri & keluarga, sepertiga lagi untuk hadiah orang-orang mampu dan sepertiganya lagi sisanya adalah shadaqoh untuk fuqoro' atau orang orang fakir yang membutuhkan uluran tangan kita
Namun untuk aqiqah lebih afdhal dibagi dalam keadaan sudah masak.
(Lihat Tuhfatul Maudud Bi Ahkamil Maulud karya Ibnu Qoyyim Al Jauziyah, busral kariim, ibanatul ahkam dan fathul wahhab tentang aqiqah)
yach,jika anda membagikan semua itu lebih baik,yang jelas,secara syariat yang punya hajat atau ahlul hajat aqiqah atau walimatulghulam diperbolehkan untuk menikmati hidangan masakan daging aqiqah tersebut
sampai jumpa lagi,mohon maaf jika ada kata kata yang kurang berkenan
terimakasih