--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Minggu, 11 Juni 2017

aqiqah bayi yang telah meninggal sebelum 7 hari

Filled under:


bagaimanakah aqiqah bayi yang telah meninggal sebelum 7 hari ?
Ini penjelasannya

  • Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alu Syaikh mengatakan dalam Mukhtashor Ahkamul Hadyi wal Adhaahi:

Jika bayi itu keluar dari perut ibunya sambil menangis, maka ia perlu di aqiqahkan, ini dengan kesepakatan ulama. Dan sebagian ulama berpendapat: demikian pula jika telah ditiupkan ruh padanya (setelah usia kehamilan empat bulan, pent) dan bergerak-gerak di dalam perut ibunya lalu keluar (gugur), maka ia telah menjadi manusia yang memiliki jiwa. Dan aqiqah berkaitan dengan penebusan jiwa ini, sebagaimana disabdakan oleh Rosululloh 'alaihish sholatu was salaam:
“Setiap anak yang lahir tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuhnya dan diberi nama”

  • Maka apabila telah ditiupkan ruh padanya yang tanda-tandanya adalah bergerak-geraknya ia di dalam perut ibunya, kemudian setelah itu mati dan gugur dalam keadaan mati, maka ia perlu di aqiqahi. Karena aqiqah ini adalah tebusan baginya dan ruh/jiwa yang telah ditiupkan kepadanya. Oleh karena itu, janin yang telah ditiupkan ruh berlaku padanya hukum bayi yang terlahir dalam keadaan hidup, berlaku hukum memandikannya, mengkafaninya, menguburkannya, dan lain-lain. Karena ia adalah manusia yang telah memiliki ruh, dan pendapat inilah yang lebih benar.
  • Dalam Fatawa Lajnah Daaimah disebutkan:

Kalau bayi meninggal sebelum hari ke tujuh maka dia diaqiqahkan pada hari ke tujuh. Kematiannya sebelum hari ke tujuh bukanlah suatu halangan untuk melaksanakan aqiqah pada hari ke tujuh. Karena dalil-dalil syar’i yang ada pada permasalahan aqiqah adalah penunjukan terhadap waktu pelaksanaannya.
(Ustadz Muhammad Na'im)


  • Kesimpulannya adalah ; bayi yang meninggal sebelum  7 hari tetap dilaksanakan aqiqah nya...dengan aqiqah tersebut semoga bayi yang meninggal dapat terbebas dari keadaan tergadai sehingga menjadi amal jariyah bagi orang tuanya,menjadi pembebas dari api neraka,tameng api neraka,penyafaat bagi kedua orang tuanya...amin