--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Minggu, 25 Juni 2017

hamil 8 bulan apa yang harus dipersiapkan

Filled under:

hamil 8 bulan apa yang harus dipersiapkan
  – Masa ini bisa dibilang sebagai masa persiapan, karena Bunda dan suami harus menentukan akan melahirkan dimana, metodenya seperti apa mau normal atau cesar,biayanya berapa,dan bersiap jika harus menjalani operasi.yang tentunya butuh persiapan mental,fisik dan biaya

Selain itu Bunda harus menyiapkan perlengkapan bayi, yaitu baju bayi,bedong,selimut,popok,dan sebagainya.Bunda juga harus melatih pernapasan dan melakukan persiapan menyusui.nanti saat akan menyusui,baju apa yang cocok dipakai agar tidak menyulitkan saat sewaktu waktu harus menyusui

Jika Bunda menginginkan melahirkan dalam kondisi normal, tidak ada salahnya di usia kehamilan 8 bulan ini Bunda bersiap-siap dengan salah satu caranya yaitu dengan menjalani program senam hamil.

Hamil 8 bulan
Biasanya di rumah-rumah sakit ibu dan anak setiap minggu dilakukan senam hamil,adapun jamnya tergantung dari Rumah Sakit yang menjalankan.Bunda dapat mengikutinya ketika usia kehamilan 7 bulan. Disana Bunda akan dilatih pernapasan yang menjadi faktor keberhasilan persalinan normal.

Hamil 8 Bulan : bagaimana pertumbuhan janin dalam kandungan?
Pada masa kehamilan memasuki bulan ke 8, diperkirakan berat bayi berkisar 2 kg dengan panjang sekitar 44cm. Jika ini merupakan kehamilan pertama maka usia ini bayi telah turun dan menekan leher rahim.

Hamil minggu 32
  • Kepala bayi telah berada di bawah pada posisi siap lahir. Akan tetapi bisa saja posisinya berubah pada minggu-minggu terakhir.
  • Tempurung kepalanya belum terlalu kuat dan sempurna. Hal itu memang diperlukan supaya mudah melewati leher rahim dan lubang vagina.sebagai jalan keluarnya bayi.
  • Kulit bayi yang sebelumnya berwarna merah sudah mulai terlihat cerah dan tidak keriput lagi seiring bertambahnya lemak di bawah kulit bayi.
  • Pada usia kehamilan 33 minggu ini telah terjadi perkembangan otak dan system saraf yang cukup sempurna. 
Hamil minggu 34
  • Saat ini bobot bayi Bunda sekitar 2,2 kg dengan panjang kurang lebih 45cm
  • Terjadinya pertambahan lemak di bawah kulit yang dibutuhkan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat
  • Kecuali tempurung kepala, tulang pada rangka tubuhnya semakin mengeras
  • Tubuhnya mulai bertambah panjang, sehingga membuat tubuhnya meringkuk di dalam rahim dengan lutut ditekuk merapat ke dada. Walau demikian, dia tetap memiliki ruang sehingga masih tetap dapat bergerak, dan Bunda pasti merasakan gerakannya kan
Hamil Minggu 35
  • Diperkirakan berat bayi saat ini adalah 2,4 kg dengan panjang 46 cm.
  • Tulang dan badannya semakin besar dan sempurna, sehingga membuat anda merasakan ada yang menonjol pada perut anda.makin buncit dech tuh perut
  • Pada usia ini kuku tangan dan kakinya mulai tumbuh.
  • Sepasang ginjalnya telah sempurna
  • Organ hatinya sudah dapat mengelurkan materi buangan.atau sisa metabolisme

Hamil Minggu 36
  • Pada usia ini bayi anda tetap akan bertambah berat sekitar 28 gram perhari. Sehingga pada minggu ini beratnya sekitar 2.7 kg dan panjangnya 47 cm.
  • Jantungnya mengalami kesempurnaan dan sudah siap menarik nafas ketika pertama lahir ke dunia
  • Mulut serta saluran pencernaannya telah siap untuk menyusu dan mencerna ASI.
Apa saja perubahan yang terjadi pada Tubuh ibu?
Berat badan seorang ibu yang hamil akan bertambah sekitar 11-13,5kg. Ketika itu Bunda mungkin akan merasakan sesak nafas dan mengalami gangguan pencernaan karena rahim berada tepat di bawah tulang rusuk.
Perut semakin besar membuat Bunda sulit berjalan, stamina Bunda sering terkuras dan sering merasakan sakit pinggang.
Bunda sering maerasakan kaki serta pergelangan kaki membengkak ketika sore hari. Hal itu biasa terjadi karena edema atau terjadi penumpukan cairan.
Selain itu Bunda akan sering ingin buang air kecil karena rahim yang menekan kandung kemih. Meskipun demikian Bunda harus tetap banyak mengkonsumsi air mineral untuk menjaga agar tidak terjadi dehidrasi.
Pada usia hamil saat ini banyak hal yang harus Bunda perhatikan menjelang kelahiran.harus terus mempersiapkan agar proses kelahiran anda berjalan normal,
hal itu dapat dilakukan dengan cara menjaga asupan makanan, olahraga/senam hamil yang dilakukan rutin. Dengan demikian semoga proses persalinan Bunda dimudahkan oleh Allah SWT sehingga dapat memiliki keturunan yang solih solihah yang berbakti kepada kedua orang tua serta bermanfaat bagi umat dan agama...Amiin