--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Rabu, 09 Agustus 2017

Hadist hadist tentang aqiqah

Filled under:



Sebelum melaksanakan aqiqah ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu dasar dasar Hadist yang berkaitan dengan aqiqah. Agar dalam melaksanakan aqiqah dapat lebih sempurna dan tepat dengan sunah
Dibawah ini adalah Kumpulan Hadist hadist tentang aqiqah yang dapat dipelajari 

1. Dari Salman bin Amir adh-Dhabbi RA, ia berkata: “Saya pernah mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda ; Bersama seorang anak itu ada ‘aqiqahnya. Karena itu alirkanlah darah untuknya (menyembelih hewan aqiqah) dan singkirkanlah gangguan darinya (dari jin).” (Shahih Ibnu Majah no:2562u Fathul Bari IX: 590 no 5472,‘Aunul Ma’bud VIII:41 no:2822u Tirmidzi III: 35 no:1551 dan Nasa’i VII:164)
2. Dan Dari Hasan bin Samurah RA, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Semua anak yg lahir tergadaikan dengan ‘aqiqahnya.” (HR Abu Dawud, At Tirmidzi dan An Nasa’i).

3. dari Hasan bin Samurah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Semua anak yg lahir tergadaikan dengan ‘aqiqahnya.” (HR Abu Dawud, At Tirmidzi dan An Nasa’i).


4. Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, beliau bersabda,”Kambing ‘aqiqah disembelih pada hari ketujuh atau ke 14 atau ke 21.” (Shahihul Jami’us Shaghir no: 4132 dan Baihaqi IX: 303).

5. dari ‘Aisyah radhiyallahu’anha, ia berkata,”Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam pernah menyuruh kami memotong aqiqah 2 ekor kambing untuk anak laki-laki dan sesekor kambing untuk anak perempuan.” (Shahih Ibnu Majah no:2561 ibnu Majah II:1056 no:1163u Tirmidzi III:35 no:1549)
 Demikianlah penjelasan singkat mengenai Hadist hadist tentang aqiqah semoga bermanfaat