--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Jumat, 04 Agustus 2017

resep rendang daging sapi empuk dan enak ala Aqiqah Plus

Filled under:

Hai Bunda,saya akan berbagi resep rendang daging sapi empuk dan enak ala Aqiqah Plus
Soalnya saya suka banget sama rendang,
apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi qurban yang biasanya banyak daging.kalau dapet sih...hehe...
Oke gini,saya akan berbagi tips untuk bikin rendang yang empuk dan enak
memang banyak banget cara bikin daging entah itu kambing,sapi,atau kerbau ini empuk saat bikin rendang, salah satunya dengan merebus lama......banget. Untuk berapa lama daging itu direbus? Jawabannya sangat lama sekali sampai teksturnya lembut.
Mungkin bisa sampai ber jam jam...sampai bosen deh nunggunya.emang mau kayak gitu ?
Nggak kan ?
Yang jelas bikin rendang biar empuk dengan cara direbus itu kurang efektif, ngapain buang buang waktu
Nah,sebelum kita bikin rendang daging saya kasih tips agar daging yang akan kita olah menjadi rendang menjadi empuk dahulu:
1.Di pukul pukul pakai alat
Pipihkan daging sebelum dimasak adalah trik yang paling sederhana. Nggak kayak merebus yang membutuhkan waktu yang lama banget sampai tua.hehe....
Gampang kok, Sebelum dimasak, pukul daging pakai alat pemukul daging yang bergerigi tumpuh hingga menjadi agak pipih. Setelah itu, udah,tinggal dimasak aja...gampang kan
2.Balur daging pake nanas yang udah dihalusin
Berbeda dengan cara sebelumnya, dengan memakai nanas yang sudah dihaluskan (bisa diparut atau diblender), dijamin bakalan jadi empuk.
Dan....yang paling penting, memasaknya tidak memakan lama.
Syaratnya, teman-teman harus pakai nanas yang masih muda, bukan nanas yang sudah matang yach....atau selai nanas.
Sebab, nanas yang masih mudah memiliki banyak kandungan enzim bromelin yang ampuk menguraikan serat daging.
Dengan begitu, daging yang kita masak akan cepat empuk.
Caranya gini aja, setelah dicuci bersih, balur seluruh permukaan daging dengan nanas muda yang telah dihaluskan.
Diamkan antara 20 menit hingga 30 menit. Setelah itu, dicuci bersih supaya rasa nanasnya hilang, baru dimasak.
Sekadar saran, sambil nunggu tekstur daging berproses menjadi empuk, kalian bisa nyiapin aneka bumbu yang dibutuhkan buat masak rendang.
Itu namanya manajemen masak....
3. Bungkus pake daun pepaya
Cara ini sering dipakai sama Ibu saya saat masak daging supaya empuk katanya. Dagingnya dibungkus pake daun pepaya. Nggak tau tuh ilmu darimana,tapi cara itu efektif kok....
Diemin aja 30-45 menitan....
Nah sambil nunggu, kalian bisa nyiapin bahan-bahan yang lain.
Setelah membahas bagimana cara membuat empuk daging yang mau dimasak,sekarang kita bahas cara masak rendangnya...oke....?
Bahan Rendang Daging :
• daging lulur 500 gram, potong melebar kurang lebih 12 bagian
• daun kunyit 2 lembar
• daun jeruk 2 lembar
• serai 2 batang, memarkan
• pekak 1 buah
• kelapa parut sangrai 2 sendok makan
• santan 1000-1500 ml dari 2 butir kelapa
• minyak goreng 2 sendok makan
Resep Bumbu Halus Rendang Daging :
• bawang merah 10 butir
• bawang putih 6 siung
• cabai merah 150 gram
• cabai rawit sesuai selera
• kemiri 5 butir
• jinten 1/2 sendok teh
• ketumbar 1 sendok teh
• kunyit 1/2 cm
• jahe 1 cm
• garam secukupnya
Cara bikin Rendang Daging :
Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, serai dan pekak hingga harum.
Masukin daging, aduk hingga berubah warna.
Tuang santan dan tambahkan kelapa parut sangrai, masak di atas api sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih.
Kecilkan api, masak hingga daging matang, berminyak dan kecoklatan.
Angkan dan sajikan.
Gimana gampang kan?
Gampang banget.....oke sekian...semoga bermanfaat
Jangan lupa qurban ya.....
resep rendang daging sapi empuk dan enak ala Aqiqah Plus
http://www.aqiqahplus.com/2015/02/harga-paket-komplit.html