--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Rabu, 06 Desember 2017

Ibu hamil 8 bulan berpuasa bagaimana

Filled under:

Ibu hamil 8 bulan berpuasa bagaimana


Ibu hamil biasanya memang disarankan untuk tetap memberikan asupan nutrisi seimbang bagi perkembangan janin di dalam tubuhnya. Baik ibu hamil muda maupun tua. Maka dari itu, banyak yang berpikir bahwa ibadah puasa tidak bisa dilakukan oleh ibu hamil, termasuk ibu hamil 8 bulan. Alasannya adalah untuk memenuhi stamina dan juga nutrisi untuk mempersiapkan masa persalinan. Sebaliknya, mungkin ada sebagian ibu hamil 8 bulan yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa tersebut. Lalu sebenarnya, Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa dan amankah puasa bagi ibu hamil 8 bulan? Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.
Pada dasarnya tidak ada larangan ataupun anjuran khusus mengenai puasa bagi ibu hamil. Bahkan dalam hukum agama pun ibu hamil juga diperbolehkan untuk tidak berpuasa, dan jika pun ingin tetap berpuasa, hal itu juga tidak menjadi masalah. Namun tentu saja ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil 8 bulan sebelum memutuskan untuk berpuasa. Salah satunya adalah kondisi kesehatan ibu dan juga janin.
Jika ibu dan janin dalam kondisi sehat, maka puasa bagi ibu hamil 8 bulan tetap bisa dilakukan. Bahkan ada sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa puasa bagi ibu hamil juga bisa memberikan manfaat kesehatan tersendiri. Manfaat puasa bagi ibu hamil ini pun bisa didapatkan jika ibu hamil menjalankan pola hidup dan pola makan yang sehat selama berpuasa. Berikut ini beberapa pola hidup dan pola makan sehat yang direkomendasikan bagi ibu hamil 8 bulan saat berpuasa :
·         Menjaga asupan nutrisi seimbang setiap hari
·         Mengetahui batasan-batasan kesehatan masing-masing ibu hamil, karena kondisi masing-masing ibu hamil juga berbeda-beda
·         Tetap memperhatikan keaktifan bayi di dalam kandungan 8 bulan
·         Mengatur pola makan dan camilan yang sehat selama berpuasa
·         Memenuhi asupan cairan setiap hari walau sedang berpuasa
Dari penjelasan di atas, hal terpenting yang perlu diperhatikan dari puasa saat hamil 8 bulan adalah pola makan ibu hamil itu sendiri untuk tetap bisa memberikan nutrisi terbaik bagi bayi di dalam kandungan. Berikut ini beberapa makanan yang perlu dikonsumsi ibu hamil 8 bulan selama sahur dan berbuka puasa, juga jika ingin makan di malam hari :
1.     Susu
Ibu hamil 8 bulan yang ingin berpuasa biasanya memang disarankan untuk mengonsumsi susu secara taratur, baik saat berbuka maupun saat sahur. Susu memiliki berbagai kandungan mineral dan nutrisi sehat yang dibutuhkan oleh janin maupun ibu hamil itu sendiri. Susu yang disarankan adalah susu formula khusus untuk ibu hamil, karena susu formula khusus untuk ibu hamil sudah diproduksi sesuai dengan kebutuhan ibu hamil itu sendiri
2.     Makanan mengandung protein
Ibu hamil juga tetap membutuhkan asupan makanan yang mengandung protein. Protein adalah salah satu senyawa pokok yang dibutuhkan tubuh untuk bisa menjalankan peranan dalam metabolisme tubuh. Ibu hamil dan janin tetap membutuhkan protein ini dalam berpuasa agar asupan protein tidak berkurang. Beberapa makanan yang mengandung protein adalah makanan hewani seperti daging, telur, dan juga makanan olahan seafood.
3.     Makanan mengandung vitamin dan mineral
Makanan yang mengandung vitamin dan mineral juga tetap dibutuhkan oleh ibu hamil selama berpuasa. Vitamin dan mineral ada banyak pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Maka dari itu menu buka puasa ibu hamil dan juga menu sahurnya tetap membutuhkan asupan buah dan sayuran yang sehat. Alternatif dari pemenuhian vitamin dan mineral ini adalah membuat jus buah dan juga memasak aneka masakan sayur bening yang bisa menambah juga asupan cairan dari kuah yang sehat.
4.     Makanan mengandung asam folat
Asam folat tidak hanya dibutuhkan oleh usia kehamilan muda. Usia kehamilan yang memasuki trimester 3 juga tetap membutuhkan folat. Folat ini dibutuhkan untuk melindungi janin hingga masa persalinan nanti. Beberapa makanan sehat yang mengandung folat antara lain bayam, buah bit, kubis, brokoli, asparagus, seledri, jagung, jeruk, tomat, dan masih banyak lagi.
5.     Makanan mengandung zat besi
Ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester ketiga ini juga perlu untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung zat besi. Tujuannya adalah untuk mencegah anemia. Seperti yang diketahui, anemia saat persalinan tentunya berbahaya. Maka dari itu saat berpuasa di usia kehamilan 8 bulan, kebutuhan akan zat besi tetap diperlukan saat sahur dan berbuka. Makanan yang banyak mengandung zat besi dan direkomendasikan untuk ibu hamil antara lain daging, kacang merah, edamame, oatmeal, bayam, gandum, kismis, buncis, dan masih banyak jenis makanan lainnya.
6.     Makanan mengandung kalsium
Selain asam folat dan zat besi, nutrisi lain yang tetap diperlukan adalah kalsium. Kalsium ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi janin, serta memperkuat tulang ibu hamil agar saat persalinan nanti memiliki kekuatan pada tulangnya. Kalsium perlu dikonsumsi secara sehat selama berbuka dan sahur. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil antara lain bayam, kedelai, susu, brokoli, tahu, kuning telur, dan masih banyak lagi.
7.     Suplemen kehamilan
Suplemen kehamilan yang direkomendasikan oleh dokter juga tetap harus dikonsumsi sesuai dengan dosis yang disarankan selama berpuasa. Puasa bukan halangan untuk ibu hamil, asalkan segala macam nutrisi dan juga pola hidup sehat tetap dilakukan sebagaimana mestinya, termasuk konsumsi suplemen kehamilan tersebut.

Selain itu, jika ibu hamil mengalami gangguan kesehatan selama berpuasa, maka sebaiknya puasa bagi ibu hamil 8 bulan dibatalkan dengan segera. Beberapa kondisi yang dimaksud adalah:
·         Rasa ingin pingsan
·         Pusing atau sakit kepala hebat
·         Detak jantung yang meningkat menjadi tidak normal
·         Tubuh menjadi lemas dan mudah lelah
·         Tekanan darah mengalami gangguan
Jika kondisi di atas terjadi pada ibu hamil yang berpuasa, maka sebaiknya puasa dibatalkan. Untuk lebih jelasnya mengenai puasa bagi ibu hamil 8 bulan, ibu hamil juga perlu untuk berkonsultasi dulu dengan dokter yang lebih memahami masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan kondisi masing-masing ibu hamil berbeda-beda, sehingga perlu dilakukan konsultasi lebih lanjut mengenai perkara ini agar ibu hamil tetap bisa menjalani masa kehamilan dan kegiatan ibadah dengan lancar.
Itulah beberapa penjelasan mengenai puasa bagi ibu hamil 8 bulan yang perlu diperhatikan. Selalu jaga juga istirahat teratur bagi ibu hamil untuk menjaga stamina selama berpuasa. Semoga bermanfaat.
Ibu hamil 8 bulan berpuasa bagaimana
https://hamil.co.id/gaya-hidup/puasa-bagi-ibu-hamil-8-bulan