--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Kamis, 07 Desember 2017

Ibu hamil minum kopi apakah diperbolehkan

Filled under:

Ibu hamil minum kopi apakah diperbolehkan

Mengkonsumsi kopi bagi ibu hamil tidak banyak diketahui manfaatnya, sebab ibu hamil hanya mengetahui bahayanya saja. Memang manfaat kopi tidak banyak diketahui, mengingat bahaya atau dampak mengkonsumsi kopi sangat banyak sekali. Asalkan tidak berlebihan dan tidak dikonsumsi setiap hari, kopi memiliki manfaat bagi ibu hamil. Manfaat tersebutlah yang harus diketahui oleh ibu hamil.
Batas Aman Mengkonsumsi Kopi
Kopi sebenarnya bahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil, penelitian di Amerika mengatakan bahwa satu cangkir kopi setiap harinya bisa meningkatkan janin yang dikandung oleh ibu hamil beresiko terkena leukemia sebanyak 20 persen. Dari fakta penelitian tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa batas aman mengkonsumsi kopi hanyalah satu cangkir dan tidak diminum setiap hari. Dari situlah akan didapatkan manfaat dari kopi. Anggapan batas aman mengkonsumsi kopi satu hari satu cangkir adalah salah. Sebab batas aman kopi adalah satu cangkir namun tidak setiap hari.
Mengkonsumsi kopi memang menjadi pro dan kontra di kalangan ibu hamil tentunya. Ibu hamil masih ragu dalam mengkonsumsi kopi. Asalkan dikonsumsi dengan benar dan batas wajar, kopi memiliki berbagai macam manfaat yang belum diketahui oleh ibu hamil. Berikut ini berbagai macam manfaat kopi bagi ibu hamil yang harus diketahui :
1. Menjaga Stamina Ibu Hamil

Selama kopi dikonsumsi dalam jumlah wajar, kopi tersebut bisa menjaga stamina bagi ibu hamil. Kopi bisa meningkatkan energi sebab mengandung zat stimultan bernama kafein. Kafein adalah zat psikoaktif. Ketika ibu hamil sehabis mengkonsumsi kopi, kandungan kafein dalam kopi tersebut bisa diserap di dalam aliran darah kemudian bisa mengalir ke otak. Ketika aliran darah lancar, energi bisa diciptakan di dalam tubuh.
2. Meningkatkan Memori Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengalami stress secara berlebihan saat hamil bisa berpengaruh terhadap memori ibu hamil. Akibatnya adalah ibu hamil akanmudah lupa. Meminum kopi satu cangkir namun tidak ruitn bisa bermanfaat untuk meningkatkan memori ibu hamil. Alasannya adalah aliran darah di dalam tubuh bisa lancar menuju ke otak. Jika hal itu terjadi, ibu hamil akan memiliki memori yang bagus dan tidak mudah lupa.

3. Memiliki Mood yang Bagus

Manfaat kopi bagi ibu hamil yang mengkonsumsinya bisa memiliki mood yang bagus. Ibu hamil banyak yang memiliki mood yang berubah-ubah dikarenakan perubahan hormon di dalam tubuhnya. Namun jika ibu hamil mengkonsumsi kopi, ibu hamil bisa menstabilkan moodnya kembali. Mood ibu hamil cenderung stabil dan bagus. Mood yang bagus sangat diperlukan bagi ibu hamil untuk cara menjaga kehamilan agar terhindar dari stress.
4. Membakar Lemak Ibu Hamil

Ibu hamil tidak boleh terlalu gemuk. Ibu hamil yang memiliki peningkatan berat badan yang terlalu melonjak diharapkan bisa melakukan diet, agar lemak yang ada di dalam tubuhnya berkurang. Ibu hamil yang memiliki berat badan yang berlebih bisa menyebabkan kesulitan ketika menghadapi persalinan. Orang gemuk akan mudah sesak nafas ketika melahirkan selain itu memiliki sedikit energi untuk mengejan. Mengkonsumsi kopi dipercaya bisa digunakan untuk membakar lemak.
Kopi juga banyak digunakan di spa kecantikan wanita. Spa menggunakan scrub kopi bisa digunakan untuk membakar lemak. Begitu pula dengan mengkonsumsi kopi, ibu hamil yang mengkonsumsi kopi bisa membakar lemak di dalam tubuhnya. Kafein di dalam kopi bisa membuat metabolisme di dalam tubuh menjadi meningkat sampai dengan 11 persen. Penelitian yang lainnya juga mendapatkan fakta bahwa mengkonsumsi kopi bisa membakar lemak sbanyak 10 persen pada ibu hamil yang mengalami obesitas.
5. Meningkatkan Kinerja Fisik

Kafein di dalam kopi sangat bermanfaat untuk merangsang sistem syaraf yang ada di otak, akibatnya adalah sistem syaraf tersebut bisa mengirimkan sinyal ke sel-sel lemak yang ada di dalam tubuh untuk memecahkan diri. Kafein di dalam kopi juga bisa membuat hormon epinefrin di dalam darah meningkat. Hormon itu merupakan hormon yang bisa membuat tubuh ibu hamil siap untuk melakukan aktivitas fisik. Lemak yang dipecahkan oleh kafein tersebut diubah menjadi bahan bakar energi di dalam tubuh.
6. Menormalkan Gula Darah Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengkonsumsi kopi (tidak rutin) bisa membuat gula darah di dalam tubuh ibu hamil normal. Ibu hamil yang memiliki gula darah tidak normal atau cenderung tinggi akan mengalami masalah kehamilan dan komplikasi kehamilan. Kopi hitam dengan sedikit gula bisa membantu ibu hamil dalam menormalkan gula darah. Hindari mengkonsumsi kopi dengan rasa yang pahit, sebab ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi minuman dan makanan yang serba pahit. Makanan dan minuman yang pahit bisa membuat kesehatan janin menjadi terganggu.
7. Terhindar dari Penyakit Demensia Alzheimer

Ibu hamil rentan untuk terkena penyakit demensia alzheimer. Terutama ibu hamil yang tidak memiliki zat besi cukup sehingga aliran darah ke otak dan aliran oksigen ke otak menjadi terhambat. Manfaat kopi bagi ibu hamil bisa membuat ibu hamil terhindar dari penyakit demensia Alzheimer. Penyakit itu merupakan penyakit penurunan kognitif yang disebabkan oleh menurunnya sistem otak.
Sistem otak yang menurun itu bisa membuat ibu hamil terkena kepikunan dan tidak mengenali dirinya sendiri juga orang-orang yang ada di sekitarnya. Bahayanya lagi penyakit itu bisa membuat ibu hamil lupa kalau dirinya sedang hamil, kelupaan itu bisa mebgakibatkan ibu hamil bisa melakukan hal-hal yang membahayakan bagi janin ibu hamil tersebut.
8. Menghindari Depresi

Ibu hamil tidak jarang mengalami depresi, ibu hamil yang mengalami depresi adalah ibu hamil yang tidak siap menerima kehamilannya. Ibu hamil juga tidak siap terhadap perubahan-perubahan di dalam hidupnya. Oleh sebab itulah, ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk minum secangkir kopi untuk bisa menghindari depresi di dalam dirinya. Kopi juga bisa digunakan untuk meredakan depresi sebanyak 10 persen.


9. Menghindari Putus Asa

Mengkonsumsi kopi setiap harinya bisa menghindarkan ibu hamil dari sikap putus asa. Ibu hamil yang merasakan depresi memiliki resiko mengalami putus asa yang berujung pada bunuh diri. Aroma kopi yang dihirup bisa menghilangkan rasa putus asa yang dialami oleh ibu hamil.
10. Menormalkan Tekanan Darah

Kopi yang dikonsumsi saat hamil bagi ibu hamil yang mengalami tekanan darah rendah bisa digunakan untuk menormalkan tekanan darahnya. Tekanan darah yang rendah bisa ditinggikan dengan cara mengkonsumsi kopi. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku bagi ibu hamil yang mengalami Hipertensi dalam kehamilan.
11. Mencegah Kanker

Ibu hamil yang sedang hamil bisa melakukan pencegahan kanker dengan cara mengkonsumsi kopi. Hal itu dikarenakan kopi kaya antioksidan yang bisa digunakan untuk menangkal tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.
12. Menghindari Penyakit Kardiovaskular

Jika dikonsumsi secara tidak berlebihan, kopi bisa membuat ibu hamil terhindar dari penyakit kardiovaskular. Jika ibu hamil mengalami penyakit kardiovaskular akibatnya adalah ibu hamil akan mengalami komplikasi kehamilan.
Kesalahan ibu hamil ketika mengkonsumsi kopi adalah dia tidak bisa membatasi dirinya dalam mengkonsumsi kopi atau kafein. Kopi yang terdapat kafein di dalamnya membuat ibu hamil menjadi kecanduan, ketika sudah kecanduan ibu hamil tidak bisa menahan dirinya untuk tidak mengkonsumsi kopi. Akibatnya adalah setiap hari dia akan mengkonsumsi kopi bahkan tidak cukup hanya satu cangkir saja. Itulah kesalahan ibu hamil ketika mengkonsumsi kopi. Kopi tidak boleh masuk secara berlebihan di dalam tubuh ibu hamil. Jika ibu hamil bisa membatasi dan juga menahan dirinya, bolehlah dia mengkonsumsi kopi. Namun jika ibu hamil tidak bisa menahan dirinya dan tidak bisa membatasi dirinya dalam mengkonsumsi kopi sebaiknya menghindari kopi.

https://hamil.co.id/nutrisi-ibu-hamil/minuman-sehat/manfaat-kopi-bagi-ibu-hamil