--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Rabu, 17 Januari 2018

apa manfaat udang bagi ibu hamil

Filled under:

apa manfaat udang bagi ibu hamil

Udang merupakan makanan yang digemari masyarakat. Bentuknya yang lucu dan memang sangat mengundang selera. Bahkan udang digunakan dalam restoran sebagai hiasan yang berguna untuk mempercantik makanan. Tekstur daging udang yang lembut, kenyal, dan empuk memang sangat khas. Rasanya juga sangat berkarakter. Meskipun sedikit saja memakan udang, tapi cita rasanya tetap kental.
 Makanan seafood menjadi makanan yang di kenal sebagai makanan yang memiliki banyak manfaat. Jika dinilai dari nutrisinya, seafood memang sangat kental dengan kekayaan proteinnya. Selain itu, makanan ini juga membawa karakteristik yang biasa di sebut ‘amin’ yang mana membuat orang orang cenderung menghindarinya.
Kandungan Gizi Udang

Udang merupakan makanan yang mengandung berbagai vitamin, seperti vit D, vit C serta kolin. Bukan hanya itu, namun makanan yang berasal dari laut juga terkenal sebagai makanan yang memiliki kandungan mineral tinggi, seperti seng, zat besi, yodium, tembaga, serta selenium. Makanan laut jenis ini juga memiliki kandungan polyunsaturated asam lemak, omega 3, omega 6, asam decosahexaenoic atau DHA, dan asam eicosapentaeonic atau EPA yang berguna sebagai makanan yang baik bagi kandungan.
Manfaat memakan udang untuk ibu hamil :
1.     Membantu perkembangan otak bayi

Otak bayi merupakan penentu atau pengarah apakah ia kelak menjadi orang cerdas atau tidak. Dengan memakan udang yang mengandung EPA, DHA, serta kolin membantu otak untuk membentuk jembatan sinaps-sinaps yang beguna untuk membantu ingatan atau proses memori. Semakin banyak jembatan yang terbentuk, semakin tinggi pula kecerdasan anak tersebut. Apakah makanan dari sinaps tadi? Kolin, EPA, dan DHA.
2.     Meningkatkan sistem imun

Sistem kekebalan tubuh manusia atau sistem imun bisa diperkuat dengan memakan makanan yang banyak mengandung vitamin C. ibu hamil dan bayi yang baru lahir cenderung memiliki kekebalan tubuh rendah, sehingga mereka mudah sakit. Untuk itu cukupan vit C memang sangat di perlukan.
3.     Mencegah terjadi anemia

Ibu hamil biasanya cenderung lebih lelah dan lemah dari wanita normal. Mengapa? Karena beliau bekerja lebih keras dari siapapun. Menggendong anak kemanapun memang lelah. Untuk itu mengkonsumsi udang menjadi langkah awal dalam pembentukan darah. Sebab udang mengandung zat besi yang berguna untuk pembentukan darah.
4.     Mencegah terkena gondok

Penyakit yang menyerang kelenjar gondok di sebut dengan gondoken. Biasanya ditandai dengan membengkaknya jaringan gondok yang ada di sekitar leher, kemudian di sertai rasa sakit dan suhu badan tinggi. Hal ini dipengaruhi karena kekurangan zat yodium. Memakan udang bisa berguna untuk mencegah terjadinya gondoken.

5.     Jenis makanan laut yang rendah merkuri

Makanan laut pada umumnya memiliki kandungan merkuri yang banyak, namun tidak untuk udang. Makanan ini terjamin dan terjaga dari merkuri yang ada dan beredar di lautan bebas. Merkuri merupakan pantangan makanan, jadi sangat aman di konsumsi bagi wanita hamil.

6.     Kandungan kalori yang rendah

Ibu hamil sangat berhati-hati dalam memilih makanannya. Termasuk juga memperhitungkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Tapi tenang saja, karena udang termasuk makanan yang memiliki kandungan kalori yang rendah. Anda bebas mengkonsumsinya asal dalam batas normal.
7.     Membantu pembentukan tulang

Bayi yang baru saja lahir memiliki tulang yang kurang kuat. Untuk itu diperlukan nutrisi agar bisa menguatkan tulang mereka. Bagaimana caranya menguatkannya? Dengan memperbanyak makan makanan yang mengandung vitamin D, sebab kandungan vitamin D yang bisa menguatkan tulang.
8.     Merawat jantung

Kandungan dari kolin yang ada di dalam udang selain berguna untuk meningkatkan kecerdasan juga bisa bermanfaat untuk perawatan jantung. Bukan hanya bagi ibu hamil yang memakannya, namun juga bayi yang nanti keluar.
9.     Mengontrol kolesterol

Kolesterol yang ada di dalam tubuh juga perlu di kontrol. Salah satunya dengan mengonsumsi udang dengan takaran cukup sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk memasak udang dengan taraf kematangan cukup.

10.  Mencerdaskan janin

Perkembangan bayi bisa di pacu dengan udang, terutama untuk bagian otaknya. Namun kecerdasan juga bisa, yakni dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 dan omega 6 yang berguna sebagai makanan sehari-hari sel otak. Jika sel otak tumbuh dengan baik dan bagus, maka bisa mencerdaskan bayi tersebut.


Mitos Seputar Udang
Banyak mitos kehamilan  yang beredar di masyarakat tentang masalah mengkonsumsi udang yang bisa menyebabkan bayi terkena gangguan. Bahkan beberapa penyakit kulit seperti eskim bisa menyerang mereka. Ditambah lagi bahwa udang juga bisa menyebabkan keracunan. Terlebih jika anda mengkonsumsi udang bersama dengan air jeruk.
Ternyata semua mitos dan kabar kabar yang beredar di masyarakat semua adalah palsu. Seperti yang sudah di ungkapkan oleh salah satu direktur persalinan Massachusetts General Hospital sekaligu penulis buku You and Your Baby: Pregnancy menyatakan bahwa udang aman untuk di konsumsi bagi ibu hamil.
Catatan untuk Ibu Hamil

Meskipun kandungan yang baik banyak terdapat di udang, juga bukan berarti anda bebas mengkonsumsi udang seberapapun banyaknya. Tetap harus diperhatikan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mengkonsumsi udang tetap dalam batas normal, yakni sekitar 350 gram saja setiap minggunya.



Tips Konsumsi Udang yang Aman untuk Ibu Hamil
·       Beli udang di tempat yang baik
Banyak tempat makanan yang menyediakan udang-udangan. Tapi anda harus memperhitungkan dalam membelinya. Yakni usahakanlah membeli di tempat yang mampu menyediakan udang dalam kondisi yang segar dan di tempatkan di wadah yang baik
·       Pilihlah udang yang masih segar
Jangan lupa untuk selalu memilih udang udang dalam keadaan yang masih baik. Lihatlah warnanya dan teksturnya untuk menentukan kesegaran udang tersebut.
·       Memasak udang benar benar matang
Dalam memasak udang, maka matangkanlah masakanmu. Sebab udang yang dimasak belum matang di takutkan masih tersisa bakteri bakteri yang tidak baik untuk tubuh.
·       Memilih udang yang bersih
Udang yang anda pilih usahakan sudah dalam keadaan benar benar bersih. Udang yang masih ada di dalam lautan biasanya masih mengandung parasit dan bakteri. Ke dua zat ini berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Bahkan bisa menyebabkan keracunan bagi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan.

https://hamil.co.id/nutrisi-ibu-hamil/makanan-sehat/manfaat-udang-bagi-ibu-hamil