Sabtu, 20 Januari 2018

apakah perlu ibu hamil minum susu

Filled under:

apakah perlu ibu hamil minum susu

Mempunyai momongan merupakan suatu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang tua. Namun, ada hal yang selalu menghantui para orang tua di saat masa-masa kehamilan, yakni terpenuhinya gizi calon ibu. Bahkan sejak mempersiapkan kehamilan hingga proses menyusui setelah bayi lahir.

Nutrisi Apa yang Dibutuhkan untuk Ibu Hamil?

Calon ibu perlu memerhatikan asupan makanan demi mendukung pembentukan janin yang sehat. Pada tiga bulan pertama adalah masa perkembangan janin dalam pembentukan organ-organ penting. Salah satunya adalah asam folatkalsium dan protein. Asam folat dibutuhkan ibu hamil sebanyak 0,6 miligram per hari, bisa diperoleh dari hati, kacang-kacangan, telur, brokoli, dan aneka produk whole grain.Sedangkan kalsium dibutuhkan sekitar 1000 miligram per hari untuk menunjang pembentukan tulang rangka tubuh janin. Protein, untuk memperoleh asam amino bagi pembentukan otak janin, dapat diperoleh dari ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, tahu, tempe dan juga susu.

Mengapa Ibu Hamil Perlu Minum Susu?

Kebutuhan nutrisi ibu hamil lebih banyak ketimbang wanita yang tidak mengandung. Untuk menyempurnakan kebutuhan gizi ibu dan janin nya, ibu hamil dapat mengkonsumsi susu. Susu ibu hamil mengandung tinggi asam folat, protein, kalsium dan juga vitamin seperti vitamin B6 yang dapat membantu mengatasi morning sickness. Dengan mendapatkan gizi seimbang, ibu dan janin yang dikandung akan terhindar dari risiko kesehatan yang juga memengaruhi kualitas hidup generasi selanjutnya.

“Asupan nutrisi seimbang sebaiknya dipersiapkan oleh calon ibu jauh sebelum kehamilan. Setiap hari, wanita perlu menerapkan pola makan sehat. Alhasil, dengan terpenuhinya zat gizi seimbang, kelak saat hamil dan melahirkan, ia memiliki cadangan nutrisi yang mencukupi,” 

demikian pernyataan dokter spesialis gizi klinis MRCCC Siloam Hospitals, dr. A.R. Inge Permadhi, MS, SpGK, dikutip Kompas Senin (15/7/2013).

Susu ibu hamil dapat membantu menambah kebutuhan ibu hamil akan zat gizi karena selain mengandung protein, kalsium, dan asam folat juga mengandung zat lain seperti fosfor, vitamin A, serta vitamin B1 dan B2.

Dokter Inge menambahkan, setidaknya konsumsi susu dua gelas per hari dalam melengkapi kebutuhan gizi bagi perempuan hamil. Kandungan protein dalam susu dapat menyumbangkan tenaga bagi perempuan hamil agar tetap beraktivitas dengan baik di sepanjang kehamilannya.