--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Sabtu, 13 Januari 2018

Ibu hamil harus makan apa agar tetap sehat

Filled under:

Ibu hamil harus makan apa agar tetap sehat

Tahukah bunda salah mengkonsumsi makanan dapat membuat bunda kekurangan nutrisi, bahkan dapat membahayakan kesehatan bunda dan juga calon buah hati. Tidak semua makanan boleh dikonsumsi bunda.
Kehamilan adalah momen yang paling ditunggu tunggu. Sampai urusan makanan pun kadang diatur atur. Terdapat beberapa daftar makanan yang wajib dikonsmsi oleh ibu hamil. Makanan sehat untuk ibu hamil ini sangat penting, mengingat ada 2 nyawa yang harus dipenuhi asupan gizinya.

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan makanan untuk bunda. Jangan sembarangan mengkonsumsi sayur dan buah. Ada beberapa daftar makanan yang sangat haram untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Misalnya pepaya, durian, nanas.
Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester 2 dan 3
Apa saja makanan sehat yang wajib dikonsumsi oleh bunda yang sedang hamil ini, berikut ulasannya.
1.   Minyak zaitun

Minyak zaitun ini sangat baik untuk menjaga agar kulit bunda tidak kusam dan tetap sehat. Selain itu minyak zaitun mempunyai kandungan lemak yang sangat rendah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh bunda.
2.   Sayuran

Asupan sayuran sangat penting untuk ibu hamil. Mengingat kita membutuhkan kandungan besi yang banyak terdapat pada sayuran. Selain itu, sayuran hijau mengandung tinggi asam folat yang sangat dibutuhkan oleh janin.

3.   Buah buahan

Untuk bunda, buah selain sumber berbagai vitamin juga membantu melancarkan BAB. Untuk janin sendiri buah juga sangat bermanfaat karena nutrisi penting yang terkandung pada buah baik untuk perkembangan janin.
4.   Produk olahan susu

supan susu sangat penting untuk bunda. Sebagaimana kita tahu bahwa pertumbuhan sel sangat membutuhkan protein. Untuk mencukupi asupan protein, bunda dapat memilih susu sebagai sumber tenaga pembangun ini.
5.   Berbagai olahan kedelai

Kedelai mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga sangat cocok untuk bunda konsumsi.
6.   Daging tanpa lemak

Daging juga penting untuk bunda konsumsi karena daging mengandung zat besi, protein dan nutrisi lain. Daging ini mengandung zinc 2 kali lebih banyak yang sangat diperlukan untuk nanti dalam proses persalinan.
7.   Walnut

Walnut merupakan sumber omega 3 yang sangat baik selain dari ikan salmon. Sebagaimana kita tahu omega 3 sangat diperlukan untuk menunjang perkembangan dan kecerdasan janin.
8.   Aneka ubi

Ubi jalar mempunyai kandungan karotenoid yang mana nantinya akan diubah menjadi mineral vitamin A saat didalam tubuh. Namun bunda harus hati hati dalam menyajikan ubi ini. Sajikan ubi untuk sekali makan dan jangan sampai menghangatkan ubi kembali.
9.   Kacang polong dan asparagus

Kacang polong dapat menjadi pilihan alternatif yang bisa bunda konsumsi untuk mengganti lemak jenuh dari daging.
10.       Oatmeal

Oatmeal atau bubur gandum merupakan sumber karbohidrat komplek yang membantu bunda mencukupi asupan gizi dan tetap terjaga kolesterol dalam darah.
Demikian tadi berbagai jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang wajib bunda konsumsi. Pernah dengar mitos kalau ibu hamil harus mengkonsumsi makanan dua kali lebih banyak dari porsi biasanya? Mitos ini tidak sepenuhnya benar, pasalnya kita sebenarnya harus mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan gizi yang lebih tinggi. Jadi bukan kuantitasnya yang ditambah, namun kualitasnyalah yang harus ditambah dan ditingkatkan.

http://wartamedika.com/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil/