--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Jumat, 19 Januari 2018

ibu hamil tidur siang apa manfaatnya

Filled under:

Ibu hamil tidur siang apa manfaatnya
Saat hamil biasanya memang banyak rumor-rumor yang berkembang di masyarakat dan banyak di antaranya yang melarang ibu hamil untuk mengerjakan ini dan itu. Termasuk dalam masalah tidur atau istirahat. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa ibu hamil sebaiknya tidak tidur di siang hari. Pendapat ini juga memiliki alasan, misalnya tidur siang bisa menghambat perkembangan janin di dalam kandungan. Rumor ini mungkin disepakati oleh beberapa orang. Namun mungkin ada juga beberapa ibu hamil yang mempertanyakan bolehkah ibu hamil tidur siang? Sedangkan tidur siang itu sendiri juga memiliki manfaat yang cukup banyak. Berikut penjelasannya.
Manfaat Tidur Siang bagi Ibu Hamil

Seperti yang dijelaskan di atas, mungkin Anda pernah mendengar rumor yang tidak jelas mengenai masalah kesehatan ibu hamil dan janinnya. Salah satunya dalam perkara tidur siang. Jika Anda sedang bertanya-tanya bolehkah ibu hamil tidur siang? Maka jawabannya adalah boleh. Ya, ibu hamil itu boleh tidur di siang hari dan kondisi ini sama sekali tidak mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan.
Bahkan ada banyak pakar kesehatan yang justru menyarankan ibu hamil untuk bisa tidur di siang hari. Tidur siang hari ini bisa menjadi pelengkap dari tidur di malam hari yang mungkin kurang berkualitas bagi ibu hamil. Seperti yang diketahui, tubuh ibu hamil memang membutuhkan istirahat yang cukup agar terhindar dari stress berlebihan. Dan tidak sedikit ibu hamil susah tidur di malam hari. Maka dari itu, jika ibu hamil memiliki masalah tidur di malam hari, tidak mengapa baginya dan bahkan dianjurkan baginya untuk bisa menyempatkan waktu tidur di siang hari. Apalagi jika ibu hamil memang mudah merasa lelah dan mengantuk dalam menjalani aktivitas sehari-hari.
Selain itu, tidur siang bagi ibu hamil juga bisa memberikan manfaat tersendiri, di antaranya sebagai berikut:
1.     Memperbaiki mood
Seringkali, ibu hamil mengalami ketidakstabilan mood. Penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya perubahan hormon, efek morning sickness (untuk ibu hamil muda), atau efek dari sakit pinggan (untuk ibu hamil tua). Tidur siang memiliki manfaat untuk memperbaiki mood tersebut menjadi lebih baik agar ibu hamil tidak mudah merasa stress selama masa kehamilannya.
2.     Mengurangi rasa lelah
Ibu hamil, terutama di trimester pertama dan trimester terakhir akan lebih mudah merasa lelah. Ibu hamil trimester pertama sering merasa lelah karena efek morning sickness. Sementara pada trimester akhir sering merasa lelah karena beban atau berat badannya terus bertambah. Kelelahan ini bisa dihilangkan atau dikurangi dengan melakukan tidur siang dengan kadar yang tepat.
3.     Membantu mengembalikan konsentrasi
Tidur siang juga bisa membantu ibu hamil mengembalikan konsentrasinya. Saat tidur, aliran oksigen yang menuju otak akan tetap berlangsung dengan maksimal. Aliran oksigen tersebut akan bisa memberikan nutrisi yang baik bagi otak ibu sehingga hal ini akan berefek baik untuk ibu hamil untuk mengembalikan konsentrasinya.
4.     Mengembalikan stamina
Selain beberapa manfaat di atas, ibu hamil yang tidur siang juga akan mendapatkan manfaat dari kembalinya stamina ketika bangun tidur nanti. Hal ini akan berefek baik, baik bagi ibu maupun bagi janin. Stamina yang baik pada ibu hamil juga bisa dimanfaatkan untuk memperkuat tubuh ibu hamil dalam memperkuat kandungan atau menyongsong masa persalinan nanti.
Demikianlah beberapa manfaat dari tidur siang saat hamil. Dari pemaparan di atas, ibu hamil dalam usia kehamilan trimester 1 dan trimester 3 lebih disarankan untuk tidur siang karena bisa mengurangi rasa mual saat hamil muda. Jadi jika ada yang bertanya bolehkah ibu hamil tidur siang, maka jawabannya adalah boleh. Namun tentu saja tidur siang bagi ibu hamil ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Tidur siang bagi ibu hamil harus dilakukan dengan tata cara yang benar, karena tidur siang terlalu lama juga tidak baik bagi kualitas tidur di malam hari nantinya. Maka dari itu, ibu hamil perlu membaca tips tidur siang bagi ibu hamil di bawah ini untuk mengatur pola tidur siangnya.
Tips Tidur Siang Ibu Hamil

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin ada pertanyaan lagi di benak Anda mengenai durasi tidur atau bagaimana cara tidur siang yang baik bagi ibu hamil? Seperti yang dijelaskan di atas, tidur siang terlalu lama juga kurang baik bagi ibu hamil karena bisa mengganggu durasi tidur malamnya. Untuk lebih jelasnya simak tips tidur siang bagi ibu hamil berikut ini.
·       Durasi tidur siang bagi ibu hamil sebenarnya tidak perlu terlalu lama. Sebaiknya tidur siang ini dilakukan hanya dalam waktu 30 menit saja. Atau, maksimal 1 jam saja. Tujuannya adalah untuk tetap menjaga kualitas tidur di malam hari. Seperti yang diketahui, biasanya orang yang tidur siang terlalu lama akan mengalami kesulitan tidur di malam hari. Padahal tidur di malam hari itu lebih dianjurkan daripada tidur di siang hari. Hal ini perlu dicegah dengan membatasi durasi tidur siang ibu hamil agar tidak terlalu lama.
·       Waktu tidur siang ibu hamil bisa antara jam 2 siang hingga jam 3 sore.
·       Selain itu, bagi ibu hamil yang sering merasa kesulitan tidur walaupun sebenarnya mengantuk di siang hari, disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein. Kafein itu sendiri memang perlu dibatasi asupannya pada ibu hamil, karena bisa mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Kafein  juga bisa berpengaruh pada kualitas tidur ibu, dimana tidur akan terganggu karena efek dari kafein tersebut.
·       Tidurlah di tempat yang nyaman. Sebisa mungkin tidurlah di tempat yang gelap. Jika tidak bisa menemukan tempat yang gelap di siang hari, maka gunakan masker penutup mata agar tidur siang bisa lebih berkualitas bagi ibu hamil.
·       Hindari tidur di pagi hari karena tidak baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Bahaya tidur pagi bagi ibu hamil antara lain mengurangi konsentrasi, menyebbakan insomnia di malam hari, menambah volume air ketuban, dan juga menciptakan kebingungan. Oleh karena itu hindari tidur di pagi hari.
·       Gunakan posisi tidur ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan agar bisa mendapatkan kualitas tidur terbaik dan aman bagi ibu hamil.
Itulah beberapa penjelasan mengenai tidur siang bagi ibu hamil dan beberapa tips yang bisa dilakukan. Sekali lagi, jika ada yang bertanya bolehkah ibu hamil tidur siang? Maka jawabannya adalah boleh, namun dengan durasi dan jam-jam tertentu yang direkomendasikan. Semoga bermanfaat.

https://hamil.co.id/gaya-hidup/bolehkah-ibu-hamil-tidur-siang