--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Rabu, 17 Januari 2018

manfaat madu untuk ibu hamil

Filled under:

manfaat madu untuk ibu hamil

Manfaat Madu bagi ibu hamil dan janin dalam kandungannya memang sangat besar sekali yang dapat diperoleh secara mudah. Kehamilan merupakan salah satu masa yang ditunggu oleh setiap wanita, namun  ibu yang sedang hamil juga mengalami kondisi yang terkadang tidak menyenangkan. Maka perlu mendapatkan penjagaan yang baik saat sedang hamil. Salah satu bahan makanan sehat untuk ibu hamil adalah madu.
Penggunaan Madu Sejak Mesir Kuno

Dalam catatan mesir kuno (1553-1550 SM) madu sudah menjadi resep untuk mengobati berbagai macam sakit seperti mengobati luka, merangsang pengeluaran kemih, mengobati sakit perut dan sebagainya. Konon zaman purba dulu madu adalah satu-satunya sebagai sumber pemanis yang dikenal dan sudah digunakan sebagai bahan pengobatan. Madu dulu pernah dikenal dalam sebuah mitos kuno, yaitu merupakan embun dari langit ketika terjadi pelangi. Ketika diadakan pernikahan, maka sang mertua dari pengantin pria akan memberikan madu kepada menantunya sampai umur pernikahannya satu bulan. Sehingga dikenal dengan honey moon.
Sejumlah kandungan zat tersebut membuat manfaat madu untuk ibu hamil banyak dikonsumsi, berikut  ini diantaranya :
1.     Meringankan rasa mulas pada ibu hamil

Mulas merupakan salah gangguan kehamilan yang wajar terjadi. Hormon yang dilepaskan selama kehamilan menyebabkan sphincter diantara kerongkongan dan lambung menjadi lebih lunak. Ketika kondisi seperti ini terjadi maka asam lambung kembali kekerongkongan yang menyebabkan ada rasa terbakar. Kondisi ini bisa terjadi sampai pada bulan-bulan terakhir kehamilan.
Hal ini disebabkan bayi akan mendorong semua organ ke atas. Sehingga efek yang dirasakan juga adanya rasa mulas. Rasa mulas ini dapat dikurangi dengan mengkonsumsi susu, yang ditambah dengan madu. Percampuran antara susu dan madu dapat mentralisir kelebihan asam lambung. Minum segelas susu setiap malam sebelum tidur dengan manfaat madu untuk ibu hamil, dapat mengatasinya.
2.     Menjaga sistem kekebalan ibu hamil

Pada masa kehamilan pilek bisa saja terjadi, karena pada ibu hamil lebih rentan sistem kekebalan tubuhnya. Saat pilek, maka ibu hamil akan mengalami hal dimana selaput lendir terjadi pembengkakan yang menyebabkan sulit untuk bernafas. Ibu hamil perlu meningkatkan konsumsi makanan atau minuman yang kaya vitamin seperti buah buahan. Ibu hamil dapat membuat teh dengan tambahan madu untuk meringankan sakit tenggorokan yang tidak nyaman.
3.     Mengatasi morning sickness

Morning sickness dialami oleh sebanyak 70% dari seluruh ibu hamil. Mual dan muntah pada trimester pertama masa kehamilan menjadi gangguan juga. Dalam kasus yang berat morning sickness dapat menyebabkan penurunan berat badan, malnutrisi atau komplikasi kesehatan yang serius, sehingga dapat memengaruhi perkembangan janin.
Dalam pengobatan tradisional untuk ibu hamil yang mengalami mual dan muntah menggunakan soda dan kerupuk, namun ini hanya sedikit membantu. Maka sebagai obatnya ibu hamil dapat menyeduh Jahe hangat dengan madu. Jahe yang efektif terhadap sistem reproduksi dan pencernaan, sehingga dapat merangsang sirkulasi dan menyuplai darah sehat untuk organ-organ pencernaan.
4.     Meningkatkan hemoglobin ibu hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil, mengandung Fe atau Zat besi yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah eritrosit pada ibu hamil. Ibu hamil sering kali mengalami anemia, dengan meningkatnya sel darah merah maka akan meningkatkan kadar hemoglobin.
5.     Mengurangi insomnia pada ibu hamil

Madu akasia diantaranya memiliki khasiat secara khusus untuk menaikkan nafsu makan. Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga menyebabkan ibu hamil mudah untuk tidur.
6.     memperkuat kandungan ibu hamil

Madu apel dapat mengobati rasa mual yang sering dialami oleh ibu hamil. Selain itu, madu apel dapat memperkuat kandungan ibu hamil. Madu apel juga dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga membantu dalam mempersiapkan persalinan.
7.     Mengobati maag selama 

Dalam ramuan untuk mengobati maag saat hamil, gunakan kunyit segar sebesar 2 kali ibu jari dan temu putih sebesar ibu jari. Kemudian kedua bahan ini direbus kedalam 500 cc air hingga menjadi berkurang setengahnya. Ambil rebusan air nya kemudian disaring setelah hangat dimasukkan madu perlahan-lahan. Namun harus diketahui dulu perbedaan mual hamil atau maag, sebelum melakukan pengobatan ini.
8.     Aman untuk Ibu Hamil

Tak perlu takut untuk mengkonsumsi manfaat madu untuk ibu hamil. Dalam sebuah jurnal Canadian Family Physician menjelaskan sistem pencernaan orang dewasa terdapat bakteri yang dapat melindungi dari botulisme atau penyakit yang menyebabkan kekakuan pada otot setelah anak lahir dan berpotensi menyebabkan kematian. Namun toksin dari botulisme sendiri tidak akan sampai kepada plasenta.
Waspadai madu yang palsu

Madu palsu adalah madu tiruan. Bentuknya mirip dengan madu asli, namun lebah yang memproduksi adalah lebah yang mendapatkan nektar dari bunga yang disemprot menggunakan gula. Sehingga madu sintesis adalah madu yang dibuat oleh manusia bukan secara alami, karena warnanya hampir mirip dengan yang asli. Madu sintesis yang beredar diantaranya madu melon, madu labu, madu semangka dan madu kurma. Cara untuk membedakannya dapat dengan meneteskan pada selembar koran, jika mudah terserap pada koran maka madu tersebut palsu sebab madu tersebut mengandung air. Madu palsu memiliki kandungan air yang tinggi.

 Madu Tidak untuk Dikonsumsi Bayi  dibawah Satu Tahun


Berbeda dengan ibu hamil, hal ini tidak untuk bayi. Meskipun madu memang memiliki manfaat yang luar biasa, namun dari American Association of Pediatrics, Centers for Disease Control dan dewan madu nasional merekomendasikan untuk tidak memberikannya kepada bayi diabawah satu tahun, sebab spora botulinum yang ada dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian.
Madu memiliki Kalori yang sangat tinggi untuk menambah stamina ibu hamil sehari hari. Selain itu Ibnu Sina, bapak kedokteran yang terkenal menyatakan bahwa madu dapat memperpanjang umur dan dapat mempertahankan kemampuan bekerja di hari tua.

https://hamil.co.id/nutrisi-ibu-hamil/makanan-sehat/manfaat-madu-untuk-ibu-hamil