--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Jumat, 19 Januari 2018

manfaat puasa bagi Ibu hamil menurut kesehatan

Filled under:

manfaat puasa bagi Ibu hamil menurut kesehatan
Puasa menjadi kewajiban bagi seluruh umat muslim sedunia. Entah dia kaya atau pun miskin, puasa menjadi tanggung jawab sekaligus tanggungan yang harus di laksanakan. Tak jarang sampai anak-anak usia sekolah dasar sudah memulai untuk latihan berpuasa. Mereka berupaya agar besok ketika sudah memasuki usia baliq, bisa kuat dan tahan untuk melakukan puasa. Sebab godaan puasa tidak lepas dari diri sendiri saja, namun juga orang lain menjadi penghambatnya.
Seperti Apa Aktivitas Puasa ?

Puasa adalah menahan lapar dan dahaga dari terbit matahari sampai terbenam. Sebenarnya essensinya puasa tidak hanya lepas dari makanan dan minuman saja, namun juga menahan dari segala amarah, perilaku, godaan maksiat, dan lain sebagainya. Untuk itulah mengapa lawan dari puasa yang paling berat adalah diri kita sendiri.
Menjadi tantangan tersendiri menjalankan puasa pada ibu hamil. Dengan kondisinya yang sedang payah dan lemah bertambah-tambah, ia harus menahan rasa lapar dan haus. Apakah berbahaya bagi kesehatan ibu hamil serta anaknya? Terjadinya perubahan pola makan ini di khawatirkan akan mempengaruhi kondisi kesehatan janin yang ada di perut. Bolehkah? Boleh. Puasa akan memberikan dampak dampak positif bagi ibu hamil. Apa sajakah?
1.     Membantu pembakaran lemak tubuh

Manfaat pertama dari puasa adalah mampu membantu untuk pembakaran lemak yang tidak berguna di dalam tubuh. Sebab beberapa dampak dari lemak berlebihan yang ada di dalam tubuh ibu hamil bisa menyebabkan kondisi obesitas. Padahal hal ini di nilai membahayakan jika sampai ibu hamil melahirkan dalam kondisi obesitas.
2.     Menyeimbangkan zat kimia dalam darah

Ternyata puasa juga berguna sebagai stabilitas tubuh. Artinya berguna untuk membuat keseimbangan zat kimia yang ada di dalam tubuh. Hal ini berguna agar ibu hamil tersebut tidak mengalami gangguan kehamilan, seperti kelebihan atau kekurangan suatu zat apapun.

3.     Terhindar dari morning sickness

Menjalankan puasa ternyata mampu menangkal terjadinya morning sickness. Apa itu morning sickness? Merupakan gejala mual-mual sampai muntah pada ibu hamil yang terjadi pada pagi hari. Gejala ini terjadi karena adanya peningkatan asam lambung di pagi hari yang menyebabkan ibu merasa ingin muntah.
4.     Mencegah sembelit

Gangguan pencernaan memang menjadi masalah utama ibu hamil. Salah satunya adalah sembelit. Tapi dengan puasa bisa menjadi tips dan triks mencegah sembelit pada ibu hamil.
5.     Mengatur kadar gula darah

Gula darah di dalam tubuh harus di atur sedemikian rupa agar tetap stabil. Sayangnya kebanyakan dari kita mengkonsumsi gula dalam jumlah banyak. Untuk itu melakukan puasa menjadi trik untuk menstabilkan gula darah.
6.     Mencegah kolesterol tinggi

Ibu hamil sangat di wanti-wanti agar jangan sampai memiliki batas kadar kolesterol tinggi. Untuk itulah dilakukan puasa agar tingkat kolesterolnya tetap rendah dan stabil pada kondisi semula.


7.     Mencegah jantung koroner

Penderita jantung koroner biasanya mereka yang memiliki berat badan lebih. Puasa mampu menekan kelebihan makanan pada wanita hamil. Untuk itulah, puasa juga menjadi tameng untuk mencegah jantung koroner pada wanita hamil.
8.     Mencegah kencing manis

Kencing manis merupakan penyakit yang di sebabkan karena ginjal tidak bisa menyaring bahan yang masih bisa di gunakan oleh tubuh. Salah satunya adalah zat gula. Kegagalan ginjal melakukan tugasnya juga dipengaruhi karena ginjal bekerja terlalu berat. Ketika melakukan puasa mampu meringankan ginjal untuk melakukan tugasnya.
9.     Melancarkan metabolisme tubuh

Menurut pendapat Dr. dr. H. Imam Rasjidi, Sp. OG (K) Onk menyatakan bahwa makan makanan sehat setelah shalat terawih memiliki manfaat lebih. Salah satunya adalah membantu mempelancar sistem metabolism tubuh saat mencerna asupan makanan.
10.  Membantu detoksifikasi

Puasa juga berguna untuk membantu pembuangan racun atau detoksifikasi pada tubuh. Selama tubuh tidak di masuki makanan, pada saat itu pula tubuh berusaha membuang zat-zat yang tidak berguna dalam tubuh.
11.  Mencegah obesitas

Asupan makanan yang di kontrol dari luar, akan berguna sebagai pencegah obesitas. Sebab ibu hamil memiliki kebiasaan ngidam makanan yang aneh-aneh. Kebiasaanya makan kapan pun bisa muncul. Namun dengan puasa semua itu di control. Sehingga bisa membantu untuk mencegah obesitas.

https://hamil.co.id/kehamilan/kesehatan-bumil/manfaat-puasa-bagi-ibu-hamil