--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Selasa, 16 Januari 2018

mimisan pada ibu hamil

Filled under:

mimisan pada ibu hamil

Mimisan merupakan pendarahan yang terjadi pada hidung secara tiba-tiba. Mimisan bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Mimisan pada anak sering terjadi dan tidak terlalu membuat orang tua khawatir karena menganggapnya sebagai dampak dari anak yang terlalu lelah. Sebenarnya, tidak hanya itu. Ada banyak penyebab mimisan yang harus Anda ketahui agar nantinya Anda mengetahui bagaimana cara mengatasinya.
Namun, bagaimana jika mimisan terjadi pada ibu yang sedang hamil? Terlebih jika ibu hamil sebelumnya tidak pernah mengalami mimisan, pasti dia akan merasa sangat khawatir. Maka, mari kita bahas penyebab mimisan pada ibu hamil berikut ini:
1.    Infeksi sinus

Infeksi sinus atau yang biasa disebut sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga kecil yang disebut sinus di bagian belakang tulang pipi atau dahi. Infeksi sinus seringkali membuat penderitanya mengalami pilek atau flu yang berkelanjutan. Hal ini bisa membuat penderita infeksi sinus membuang ingus terlalu kencang atau menggosok hidung terlalu keras yang bisa membuat pembuluh darah yang tipis di hidung mengalami trauma. Trauma inilah yang menyebabkan terjadinya mimisan atau pendarahan.
Seorang ibu hamil bisa mengamati apakah mimisannya disebabkan oleh sinus atau hal lainnya dengan melihat bagaimana gejala mimisan yang dialami. Jika darah mimisan berwarna gelap dan berbau tidak sedap, bisa jadi mimisan yang dialami memang disebabkan oleh infeksi pada rongga sinus.
2.    Perubahan suhu udara

Perubahan suhu udara yang cukup ekstrem bisa menjadi penyebab mimisan pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan, suhu udara yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuat selaput di dalam hidung menjadi kering. Selaput tipis yang kering ini akan lebih mudah mengalami iritasi, bahkan jika terkena gesekan atau sedikit saja benturan. Iritasi inilah yang pada akhirnya akan menyebabkan mimisan pada ibu hamil
Untuk itu, sebaiknya ibu hamil menjaga kelembaban dan suhu udara di ruangan untuk menjaga tingkat kelembaban di hidung. Ibu hamil juga bisa menjaga kelembaban hidung dengan banyak mengkonsumsi air putih. Dengan kelembaban hidung yang terjaga, selaput di dalam hidung tidak akan terlalu kering dan tidak akan mudah teriritasi.
3.    Tekanan darah tinggi

Mimisan yang terjadi pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh tekanan darah yang lebih tinggi dari normal. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan pembuluh darah di dalam hidung pecah dan menyebabkan mimisan. Biasanya, mimisan yang disebabkan oleh darah tinggi memiliki gejala yang lebih berat daripada mimisan biasa, karena pembuluh darah yang mengalami pecah adalah pembuluh darah bagian belakang atau dalam hidung sehingga menyebabkan pendarahan yang lebih banyak dan lebih lama.
Tekanan darah tinggi pada ibu hamil bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti makanan, keturunan atau bahkan aktivitas fisik yang terlalu berat. Oleh karena itu, selama masa kehailan sebaiknya ibu hamil menjaga pola hidup yang sehat dan seimbang untuk menjaga tekanan darah, terlebih jika ibu hamil memang memiliki riwayat hipertensi sebelumnya.
Bagi ibu hamil yang mengalami mimisan akibat tekanan darah yang tinggi, sebaiknya segera mengkonsultasikan kesehatannya kepada dokter. Ibu hamil perlu mengembalikan tekanan darah ke angka normal terlebih dahulu untuk menyembuhkan mimisan supaya tidak dialami kembali. Selain itu, tekanan darah yang tinggi juga bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan bayi di dalam kandungan.

4.    Kurang vitamin C

Kurang vitamin C bisa mempengaruhi kesehatan dan daya tahan tubuh ibu hamil. Bagi ibu hamil yang mengalami kekurangan vitamin C, akan mengalami gangguan kesehatan dan membuat tubuh menjadi lebih rentan mengalami iritasi, termasuk bagian hidung.
Untuk itu, bagi ibu hamil diharuskan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh. Tidak hanya itu, ibu hamil juga boleh menambah konsumsi suplemen tambahan jika dibutuhkan, namun tetap harus dengan berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu.
5.    Perubahan hormon

Perubahan hormon pada ibu hamil merupakan hal yang sangat wajar untuk terjadi. Seorang ibu hamil akan mengalami perubahan hormon, yaitu hormon progesteron dan estrogen, dimana hormon ini bisa menjadi penyebab mimisan pada ibu hamil.
Pada ibu hamil, terjadi peningkatan hormon progesteron yang berfungsi menjaga kesehatan kehamilan hingga 9 bulan. Namun, di saat yang sama hormon ini juga bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah di dalam hidung dan gusi. Akibatnya, ibu hamil akan lebih mudah mengalami mimisan. Tidak hanya itu, selain mimisan biasanya ibu hamil juga akan lebih mudah mengalami gusi berdarah. 
6.    Pelebaran pembuluh darah

Penyebab mimisan pada ibu hamil, salah satunya karena pada ibu hamil terjadi produksi darah yang lebih banyak daripada biasanya. Produksi darah yang lebih banyak ini menyebabkan adanya peningkatan volume darah di tubuh yang akhirnya mengakibatkan pelebaran pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah ini akan menyebabkan lapisan tipis di dalam hidung bengkak dan membuatnya lebih mudah pecah sehingga mengakibatkan mimisan pada ibu hamil.
7.    Bahan kimia

Paparan bahan kimia, seperti asap kendaraan, asap rokok dan lainnya juga bisa menjadi penyebab mimisan pada ibu hamil. Asap polusi seperti asap rokok dan lain-lain bisa membuat selaput di dalam hidung kering, mengiritasi dan membuatnya mudah terluka. Oleh karena itu, paparan bahan kimia bisa menyebabkan ibu hamil rentan mengalami mimisan.
Tidak hanya bahan kimia di asap rokok atau polusi lainnya, bahan kimia yang terkandung di dalam obat-obaan juga bisa menyebabkan mimisan pada ibu hamil. Sebagai contoh, bahan kimia di obat-obatan terlarang yang dihirup melalui hidung akan menyebabkan iritasi dan mimisan pada hidung.
8.    Konsumsi Alkohol

Sudah sangat umum diketahui bahwa alkohol memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi kesehatan ibu hamil. Mengkonsumsi alkohol bisa menyebabkan aktivitas trombosit menjadi terhambat dan tidak normal dan membuat proses pembekuan darah tidak berjalan lancar. Sementara itu, minuman dan makanan beralkohol juga membuat pembuluh darah melebar sehingga semakin memicu mudahnya terjadi mimisan pada ibu hamil.
9.    Gejala penyakit tertentu

Ada beberapa penyakit tertentu, seperti tumor pada hidung, penyakit hati, gagal ginjal dan gagal jantung yang juga bisa menyebabkan mimisan pada ibu hamil. Misalnya, pada ibu hamil yang sedang mengalami penyakit hati, akan mengalami gangguan pembekuan darah. Hal ini dikarenakan saat terjadi kerusakan pada hati, tubuh tidak bisa memproduksi protein yang dibutuhkan untuk membantu terjadinya proses pembekuan darah.
Selain itu, tumor pada hidung, gagal ginjal dan gagal jantung juga bisa menyebabkan terjadinya pendarahan pada hidung. Oleh karena itu, jika ibu hamil mengalami mimisan atau pendarahan pada hidung yang cukup sering, banyak atau lama, sebaiknya segera mengkonsultasikan kesehatannya kepada dokter untuk mendapat diagnosis dan perawatan yang tepat. Ini sangat diperlukan untuk memastikan ibu hamil dan janin sehat dan aman dari penyakit tertentu.

10. Obat pengencer darah

Obat pengencer darah, seperti yang dikandung dalam aspirin, ibuprofen, atau obat-obatan lainnya juga bisa memicu terjadinya mimisan pada ibu hamil. Obat yang mengandung pengencer darah itu membuat darah lebih sulit membeku sehingga ketika terjadi sedikit saja luka di pembuluh darah hidung akan mengakibatkan mimisan yang sulit untuk dihentikan.
Sebaiknya, ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan sebelum memutuskan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama masa kehamilan.

11. Gangguan Stress

Seorang ibu hamil dengan segala perubahan hormon yang terjadi di tubuhnya, sangat rentan mengalami stres. Ibu hamil lebih mudah mengalami perubahan mood yang tiba-tiba dan mungkin terkadang merasa tidak nyaman dengan perubahan tubuhnya, dimana hal ini juga akan memicu stres. Dimana jika stres ini tidak segera diredam, bisa jadi akan menyebabkan mimisan. Oleh karena itu, ibu hamil harus mengetahui cara menghilangkan stress saat hamil agar merasa lebih rileks dan juga menjada kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.
Sebenarnya, masih ada perbedaan pendapat di dunia kesehatan mengenai hubungan stres dengan mimisan. Namun, berdasarkan penelitian, ditunjukkan bahwa hampir sebagian besar orang yang mengalami mimisan memang sedang merasa dalam kondisi stres. Kondisi stress atau pikiran yang sedang tertekan akan memicu tekanan darah di tubuh meningkat. Tekanan darah yang tinggi ini akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah. Hal ini akan bisa menyebabkan pembuluh darah tipis yang berada di dalam hidung pecah dan menyebabkan mimisan.
Dari ulasan di atas, kini Anda mengetahui apa penyebab mimisan pada ibu hamil. Dengan mengetahui penyebab mimisan pada ibu hamil. Anda bisa mengenali penyebab mimisan yang ringan dan parah, sehingga akan bisa memberi penanganan yang tepat jika mimisan terjadi. Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter kandungan jika mimisan sering terjadi atau mengeluarkan darah yang terlalu banyak. Stay healthy, Bunda
https://hamil.co.id/kehamilan/kesehatan-bumil/penyebab-mimisan-pada-ibu-hamil