--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Rabu, 17 Januari 2018

Penyebab Insomnia Pada Ibu Hamil

Filled under:

Penyebab Insomnia Pada Ibu Hamil
Ibu hamil memang biasanya memiliki beberapa gangguan yang cukup mengganggu kelancaran aktivitas selama masa kehamilan. Hal ini dipicu oleh faktor fisik maupun psikis ibu hamil yang pasti berubah selama masa kehamilan jika dibandingkan dengan masa biasa. Sebenarnya perubahan itu adalah hal yang wajar. Namun ibu hamil memang butuh untuk beradaptasi dengan kondisi barunya, sehingga seringkali muncul keluhan-keluhan. Salah satunya adalah insomnia pada ibu hamil.
Insomnia atau kesulitan tidur seringkali terjadi di malam hari. Penyebabnya bisa karena faktor fisik maupun psikis. Berikut beberapa penyebab dari insomnia yang seringkali menyerang ibu hamil.
Penyebab Fisik

Kenapa Ibu Hamil Susah Tidur? Mungkin pertanyaan tersebut sering ditanyakan oleh kebanyakan ibu hamil. Seperti yang dijelaskan di atas, faktor fisik kerap kali menjadi penyebab dari kondisi insomnia pada ibu hamil. Beberapa kondiai fisik yang dimaksud antara lain:
1.     Perubahan hormon
Ibu hamil pasti akan mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon saat hamil ditandai dengan peningkatan hormon progesteron. Efeknya sangat banyak, salah satunya menyebabkan ibu hamil sulit tidur di malam hari. Perubahan hormon ini bisa berbeda efeknya pada setiap ibu hamil. Ada ibu hamil yang lama kelamaan bisa beradaptasi dengan tubuhnya yang baru, sehingga gangguan tidur ini lama kelamaan akan bisa diatasi dengan sendirinya.
2.     Perubahan fisik yang cukup mengganggu
Salah satu tanda kehamilan adalah perubahan fisik pada ibu hamil. Misalnya payudara yang lebih kencang, keras, dan terasa nyeri jika tersentuh. Kondisi ini juga bisa menjadi salah satu penyebab insomnia saat malam hari pada ibu hamil. Atau, kondisi perut ibu hamil yang semakin membesar dari hari ke hari. Perut yang membesar juga seringkali membuat ibu hamil kesulitan tidur karena muncul rasa tidak nyaman.
3.     Ingin buang air kecil di malam hari
Ibu hamil juga biasanya memiliki potensi untuk lebih sering merasa ingin buang air kecil di malam hari. Penyebabnya adalah karena organ kandung kemih tertekan oleh rahim yang semakin hari semakin membesar. Kondisi ini juga bisa menyebabkan gangguan tidur di malam hari.
4.     Mual
Ibu hamil muda yang baru memasuki trimester 1 juga akan sering mengalami mual. Mual ini terjadi karena efek morning sickness. Jika gejala morning sickness terus berlanjut hingga malam hari, maka bisa jadi waktu tidur akan terganggu. Selain itu, kualitas tidur juga bisa terganggu karena mual yang sering terjadi. Jika penyebab insomnia pada ibu hamil adalah rasa mual, maka seiring berjalannya hari, mual akan berkurang dan ibu hamil bisa menata kembali waktu tidurnya setelah gejala mual berkurang. Namun ada baiknya jika ibu hamil melakukan beberapa cara untuk bisa mengurangi mual saat hamil.
5.     Merasa kelelahan
Kerap kali ibu hamil sering merasa kelelahan. Penyebab kelelahan pada ibu hamil ini adalah kondisi fisik yang berubah. Misalnya seringnya muncul rasa sakit pinggang atau punggung. Kondisi ini sering terjadi pada trimester 3 kehamilan. Kelelahan juga seringkali menjadi penyebab dari kesulitan tidur bagi ibu hamil.


6.     Kaki kram
Kehamilan juga seringkali menciptakan kondisi tidak nyaman lainnya seperti kaki sering terasa kram. Kaki sering terasa kram di malam hari bisa menjadi penyebab dari kondisi insomnia pada ibu hamil. Selain itu, kaki bengkak juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat tidur di malam hari sehingga mengurangi kualitas tidur ibu hamil.
7.     Efek kafein
Bagi ibu hamil, kafein memang harus dibatasi konsumsinya. Bahkan jika perlu dihindari. Kafein bisa membahayakan bagi ibu hamil. Dalam kadar tertentu, bahkan bahaya kafein ini bisa membahayakan janin dan masa kehamilan itu sendiri. Kafein bisa juga menjadi penyebab dari insomnia yang sering terjadi kepada ibu hamil.
Penyebab Psikis

Selain penyebab fisik yang sudah dijelaskan di atas, faktor psikis juga bisa menyebabkan ibu hamil mengalami insomnia. Berikut beberapa faktor psikis yang dimaksud.
1.     Stres
Stress seringkali menyerang ibu hamil. Penyebabnya bisa karena perubahan hormon, atau faktor pola pikir ibu hamil yang sering memikirkan banyak hal. Stress juga bisa menyebabkan insomnia saat masa kehamilan. Maka dari itu ada baiknya hindari stress. Tetap jalani kehamilan dengan tenang dan senang agar ibu hamil bisa mengatur pola hidup dan pola tidr sehat selama masa kehamilan.
2.     Cemas berlebihan
Ibu hamil juga kerap kali merasa cemas berlebihan. Apalagi jika sedang memikirkan tentang kesehatan untuk janin. Rasa cemas juga bisa muncul saat malam hari, yaitu ketika ibu hamil mencoba untuk tidur. Sehingga hal itu bisa menjadi penyebab dari kesulitan saat tidur ketika malam hari. Maka, hindari perasaan cemas berlebihan itu agar tidur bisa lebih berkualitas.
3.     Sulit menemukan kenyamanan
Semakin hari, perut ibu hamil akan membesar. Hal ini bisa menciptakan rasa tidak nyaman yang terus menerus terjadi. Akibatnya, semakin hari, ibu hamil akan semakin sulit untuk menemukan kenyamanan. Termasuk saat tidur di malam hari.
4.     Pikiran menjelang masa persalinan
Saat kehamilan sudah memasuki usia tua, seringkali ibu hamil memang akan merasakan adanga kecemasan tersendiri mengenai masa persalinan yang sebentar lagi akan terjadi. Ibu hamil akan merasa bahagia namun juga takut dan cemas. Kondisi ini juga sering mempengaruhi kualitas tidur ibu hamil, khususnya di usia kehamilan trimester 3.
Cara Mengatasi Insomnia saat Hamil

Setelah mengetahui beberapa penyebab fisik maupun psikis insomnia pada ibu hamil di atas, ibu hamil memang perlu melakukan beberapa hal untuk mengatasi kondisi ini. Hal ini memang penting, karena kualitas tidur ibu hamil juga bisa menjaga kesehatan janin hingga masa persalinan nanti. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan.


1.     Mengetahui posisi tidur untuk ibu hamil yang direkomendasikan dan yang dilarang, agar ibu hamil bisa menentukan posisi tidur yang benar-benar tepat dan nyaman
2.     Mengimbangi dengan tidur di siang hari namun tidak perlu terlalu lama agar malam hari bisa tetap menjaga kualitas tidur
3.     Hindari aktivitas berlebihan sebelum tidur agar tidak merasa terlalu kelelahan
4.     Hindari makan dan minum sebelum tidur untuk menghindari rasa mulas dan rasa ingin buang air kecil di malam hari
5.     Jaga kebersihan kamar dan buat suasana kamar menjadi sangat nyaman untuk dijadikan tempat istirahat
6.     Jaga suhu ruangan agar tetap nyaman
7.     Matikan lampu agar tidur lebih berkualitas
8.     Hindari kafein selama masa kehamilan agar tidur bisa menjadi nyenyak
9.     Periksa kandungan secara rutin agar tidak ada rasa cemas berlebihan mengenai kesehatan ibu dan janin
10.  Tetap jalani masa kehamilan dengan tenang dan nyaman agar terhindar dari stress
11.  Ketahui beberapa cara mengatasi mual saat saat hamil trimester pertama agar efek morning sickness tidak mengganggu kualitas tidur di malam hari
Itulah beberapa penjelasan mengenai insomnia pada ibu hamil : penyebab dan cara mengatasi agar ibu hamil bisa mengkondisikan diri sehingga bisa tidur berkualitas di malam hari. Jika insomnia terjadi secara terus menerus, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

https://hamil.co.id/masalah-kehamilan/gangguan-kehamilan/insomnia-pada-ibu-hamil