--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Sabtu, 13 Januari 2018

tips bagi Ibu hamil sakit gigi yang aman

Filled under:

tips bagi Ibu hamil sakit gigi yang aman

Ketika sakit gigi menyerang, ibu hamil harus jeli dalam memilih obat sakit gigi yang akan dikonsumsi agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk janin dalam kandungan. Bila perlu konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kandungan bila memang sakit gigi yang diderita tak kunjung mereda. Namun sebelum itu perlu diketahui bila ibu hamil sangat rentan terserang sakit, apalagi sakit gigi dan gusi. Hormon kehamilanlah penyebab utamanya, karena hormon tersebut membuat gusi lebih sensitif.
Berikut beberapa obat tradisional sakit gigi untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi selama kehamilan berlangsung :
v  Merica dan Garam
Campuran antara merica dan garam bisa jadi alternatif pilihan untuk meredakan sakit gigi yang menyerang tiba-tiba. Kandungan anti inflamasi dan analgesik didalamnya membantu mengurangi rasa nyeri yang terasa sangat mengganggu. Caranya, cukup campurkan satu sendok teh garam dan merica kemudian aplikasikan campuran garam dan merica tadi dengan sikat gigi pada gigi yang sakit, biarkan beberapa menit lalu berkumurlah hingga bersih. Ini dapat digunakan setiap hari selama gigi masih sakit, dan tentunya aman untuk digunakan oleh ibu hamil.
v  Bawang Putih
Bawang putih mengandung asam amino aliin dan pada saat dihaluskan atau dipotong asam ini kemudian berubah menjadi alisin. Dan alisin sendiri memiliki sifat sebagai antibakteri dan juga anti inflamasi yang berkhasiat membantu mengurangi peradangan pada gusi dan mengurangi nyeri pada gigi. Cara mengobti sakit gigi menggunakan bawang putih sangat mudah, hanya dengan menggerusnya hingga lembut dan menambahkan sedikit garam lalu letakkan di area gigi yang terasa nyeri. Bukan hanya untuk ibu hamil ini pun juga dapat digunakan untuk siapa saja saat merasa sedang nyeri gigi.
v  Cengkeh
Cengkeh selain rempah untuk menyedapkan makanan ternyata juga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi. Kandungan zat aktif eugenol didalamnya merupakan pereda nyeri alami, dengan mengoleskan sedikit minyak cengkeh pada area yang terasa sakit dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri. Rasanya yang hangat akan menenangkan rasa nyeri dan sakit pun akan berangsur membaik. Pemakaian yang tepat akan membuat manfaatnya lebih maksimal.
v  Bawang merah
Bawang merah memiliki kandungan anti septik dan anti mikroba yang sangat berguna untuk membantu mengurangi rasa sakit dan juga peradangan pada gusi yang disebabkan karena adanya infeksi. Saat nyeri menyerang tiba-tiba kunyah segera sepotong bawang merah untuk mengurangi rasa sakitnya, namun bila ibu hamil tidak sanggup mengunyah bawang merah cukup letakkan sepotong bawang merah ditempat gusi atau gigi yang sakit untuk meredakan nyeri yang dirasakan.
v  Air Garam
Siapkan segelas air hangat lalu tambahkan satu sendok teh garam, aduk rata. Berkumur dengan menggunakan air garam yang hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Gunakan larutan air garam ini untuk berkumur paling tidak selama semenit, dan dapat diulangi 3-4 kali sehari setelah makan. Selain mengurangi rasa nyeri pada gigi ini pun juga dapat membantu membersihkan partikel sisa makanan yang menempel pada gusi dan gigi.


v  Daun Jambu
Selain dikenal berkhasiat sebagai obat diare ternyata daun jambu pun memiliki khasiat untuk mengurangi sakit gigi juga. Ini karena daun jambu memiliki kandungan anti inflamasi, anti mikroba dan analgesik yang berkhasiat mengurangu rasa nyeri pada gigi dan gusi yang dialami oleh ibu hamil. Ibu hamil bisa mengunyah satu lembar daun jambu yang masih muda sampai lembut dan berefek ke area gigi yang nyeri tadi. Atau bisa juga merebus beberapa lembar daun jambu dengan 2 gelas air hingga menyusut menjadi segelas saja, lalu diamkan hingga dingin untuk dijadikan untuk berkumur tiap pagi dan malam.
v  Es Batu
Es batu dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi dengan cara mengompreskannya pada daerah pipi disisi luar gigi yang sakit, sebab bila langsung pada area yang sakit es batu justru akan menyebabkan sakit bertambah parah. Sebab gigi yang sakit sangat sensitif dengan suhu dingin es batu. Cukup tempelkan es batu yang sudah dibalut dengan kain pada pipi ini cukup untuk meredakan rasa sakit yang menyerang.
Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil

Sakit gigi dapat menyerang siapa saja, termasuk ibu yang sedang hamil sekalipun. Penyebabnya pun beragam mulai dari gigi berlubang, pembengkakan pada gusi dan juga penyebab-penyebab lain. Sakit yang dialami mulai yang senat-senut biasa, hingga sampai nyeri hebat dan tak tertahankan yang terjadi di seluruh gigi dan gusi. Gigi yang sakit apabila tidak mendapat penanganan yang baik dapat meningkatkan resiko bayi lahir prematur dan juga bayi lahir dengan berat badan yang rendah
    Hormon
Hormon kehamilan diduga seabagi penyebab terjadinya peradangan pada gusi(gingivitis). Apabila keadaan ini tak tertangani dengan baik dapat menimbulkan masalah gigi lainnya. Epulis graviarum (tumor kehamilan) ini adalah sejenis benjolan yang terdapat pada gusi yang mungkin terjadi selama kehamilan dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan juga membuat ibu hamil kesulitan saat bicara ataupun makan. Perubahan hormon dapat menyebabkan sistem imunitas tubuh menurun dan membuat ibu hamil mudah sekali terinfeksi bakteri yang menimbulkan sakit pada gigi dan gusi. Untuk itu ibu hamil sangat disarankan menyikat gigi secara rutin setidaknya dua kali sehari sehabis makan dan juga berkumur demi menjaga gigi dan gusi tetap sehat.
    Mual dan Muntah
Seringkali hormon kehamilan menjadi penyebab morning sickness pada ibu hamil. Memuntahkan makanan maupun minuman dapat membuat gigi terkena asam lambung. Morning sikcness selain membuat ibu kekurangan cairan, muntah yang berulang dapat merusak lapisan enamel yang melindungi gigi dan membuat gigi berlubang
    Kekurangan  Mineral kalsium
Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan gigi, akibat kekurangan kalsium dapat menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan sakit gigi. Mengkonsumsi makanan sehat sangat dianjurkan sebab bila ibu kekurangan kalsium ini akan memyebabkan dampak yang buruk pula pada janin.

https://hamil.co.id/kehamilan/kesehatan-bumil/obat-tradisional-sakit-gigi-untuk-ibu-hamil