--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Rabu, 28 Februari 2018

5 T pada ibu hamil

Filled under:


5 T pada ibu hamil
prinsip 5T yang harus diingat sebagai panduan penting dalam menjaga kandungan yang sehat bagi ibu dan buah hati. Serta menjadi perhatian dalam pemeriksaan berkala :
1. Timbang berat badan
Pastikan pertambahan berat ibu hamil dalam kondisi yang terbaik dan tidak mengandung risiko bagi kehamilan itu sendiri, tentu hal ini sangat bergantung dari pola makan, asupan dan kondisi fisik sebelum kehamilan, mencegah bayi berat badan lahir rendah.
2. Periksa tekanan darah ibu hamil
Hal ini berkaitan dengan jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Dampak dari kondisi tekanan darah yang tinggi akan dapat menjadi masalah saat persalinan nantinya, jika selama kehamilan TD di  atas 90 mmHg maka kondisi ini abnormal.
3. Perhatikan Tinggi fundus urteri
Ini perlu menjadi fokus dari pemeriksaan dan konsultasi berkala dalam wilayah pemeriksaan langsung ditangani oleh Spesialis Obgyn.
4. Asupan zat besi dan asam folat
Kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko kematian ibu dan janin, persalinan preterm, dan berat badan bayi kecil. Oleh karena itu, konsumsi bijak sumber makanan bayam, daun hijau, kacang, sereal, daging, ayam, ikan, dan asam folat lain.
5. Imunisasi TT (tetanus toxoid)
Hal ini dipergunakan untuk dapat mencegah kuman clostridium tetani yang masuk melalui tali pusat.
Di samping itu terdapat beberapa nasihat lain yang perlu diperhatikan seperti bijak berolahraga dan beraktivitas fisik yang mungkin dapat meningkatkan stamina namun bisa pula menguras energi secara berlebihan.
Hindari alkohol dan rokok, termasuk berhati-hati virus TORCH ketika memelihara kucing, burung dan binatang peliharan lainnya. Jangan makan daging mentah atau setengah matang ditambah sayur dan buah harus dicuci sebelum makan, dan bila suka berkebun, gunakan sarung tangan.
Demikian, semoga dapat menjelaskan, selamat atas kehamilan dan sukses saat persalinan nantinya.

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/konsultasi-kesehatan-gaya-hidup/14/10/21/ndrxwg-perhatikan-prinsip-5t-selama-hamil