--------------------------------> Proses Aqiqah di Aqiqah Plus <------------------------------

Rabu, 28 Februari 2018

Gerakan senam ibu hamil untuk memudahkan persalinan

Filled under:


Gerakan senam ibu hamil untuk memudahkan persalinan
Senam Ibu Hamil – Saat hamil bukan berarti kamu tidak boleh melakukan aktivitas olahraga. Melakukan berbagai gerakan olahraga justru sangat dibutuhkan untuk memperlancar sirkulasi darah dan memudahkan proses persalinan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan senam hamil, seperti waktu yang tepat untuk berolahraga hingga jenis gerakannya.
Waktu yang paling tepat untuk berolahraga selama masa kehamilan adalah saat trimester ketiga atau saat janin sudah berumur 7 bulan ke atas. Sementara untuk gerakan-gerakan senam, pilihlah gerakan yang ringan dan lebih fokus pada pernafasan. Berikut 9 jenis gerakan senam hamil yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan pastinya aman untuk sang bayi. 
1. Senam kegel
Senam kegel merupakan gerakan olahraga yang paling mudah dan bisa kamu lakukan di mana saja. Caranya, kontraksikan otot sekitar saluran kencing dan vagina dengan gerakan seperti menahan kencing, tahan selama 3 – 10 detik. Senam hamil ini bisa kamu lakukan hingga 10 kali setiap harinya, saat sedang duduk ataupun berdiri. Selain menguatkan otot-otot panggul dan memudahkan proses kelahiran, senam ini juga berfungsi untuk melatih otot di daerah lain seperti sekitar uretra, kandung kemih, rektum, dan rahim, serta juga bermanfaat untuk mengurangi resiko ambein dan mengencangkan vagina.


2. Senam jongkok
Gerakan senam jongkok bisa memperkuat otot di sekitar panggul dan paha, sehingga berguna untuk memperlancar proses persalinan. Untuk melakukan gerakan senam ini, kamu bisa mengikuti langkah berikut:
– Mulai dengan posisi berdiri tegak, lalu turunkan badan secara perlahan hingga posisi tegak dengan punggung tegak lurus.
– Bernafaslah secara normal dan tahan posisi ini selama 10 detik, lalu kembali ke posisi berdiri secara perlahan.
– Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengulangi gerakan senam jongkok beberapa kali sehari. Tapi jika sudah merasa capek, jangan terlalu memaksakan diri ya, Toppers.

3. Pose tailor/yoga kupu-kupu
Senam hamil pose tailor atau yang lebih dikenal dengan pose kupu-kupu ini bisa kamu lakukan untuk melatih otot paha dan mengurangi resiko sakit punggung yang sering dialami oleh ibu hamil. Cara melakukan yoga kupu-kupu ini pun sangat mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
– Duduk bersila dengan posisi punggung tegak.
– Pertemukan kedua telapak kaki di depan, lalu dorong lutut hingga menyentuh lantai.
– Tahan posisi ini selama kurang lebih 10 – 20 detik. Kamu bisa mengulanginya beberapa kali.

4. Mini sit-ups
Gerakan sit-ups memang sangat tidak dianjurkan untuk wanita hamil. Namun kamu bisa melakukan senam hamil mini sit-ups yang gerakannya tidak terlalu menekan perut. Olahraga ini mampu mengencangkan perut dan menurunkan resiko tegang pada punggung. Selain itu, mini sit-ups juga berguna untuk menguatkan otot-otot yang berperan saat mendorong bayi keluar.
– Berbaringlah terlentang dan letakkan bantal di bawah panggul.
– Tekuk lutut dengan posisi telapak kaki menyentuh lantai, agar perut tidak terlalu tertekan.
– Hembuskan nafas sambil mengangkat kepala dan bahu, serta coba raih lutut dengan tangan.
– Kembali ke posisi awal sambil menarik nafas.
– Ulangi gerakan ini beberapa kali.

5. Gerakan duduk bersila
Senam hamil yang satu ini hampir sama dengan gerakan yoga dan berguna untuk mengencangkan otot sekaligus mencegah stres selama kehamilan. Duduklah secara bersila, gunakan matras yoga berbahan nyaman sebagai alas, lalu ikuti gerakan di bawah ini:
– Tarik kedua tangan ke depan dada.
– Tarik dan hembuskan nafas secara berulang.
– Lakukan gerakan lain seperti mengangkat kedua tangan ke arah atas kepala sambil menarik nafas secara perlahan. Lalu turunkan tangan sambil menghembuskan nafas.

6. Senam hamil dengan mengangkat panggul
Senam dengan gerakan mengangkat panggul ke atas ini bermanfaat untuk mengencangkan otot perut dan memberi rasa rileks selama persiapan proses persalinan. Kamu bisa melakukannya dengan cara:
– Berbaring telentang dan tekuk kedua lutut.
– Tarik nafas lewat hidung sambil kencangkan otot perut dan bokong.
– Pastikan punggung rata dengan lantai atau matras.
– Angkat panggul ke atas dan tahan selama 5 tarikan nafas.
– Kembali ke posisi awal secara perlahan.

7. Senam dengan yoga ball
Untuk melakukan senam hamil, kamu juga bisa menggunakan bantuan yoga ball atau gym ball. Senam ini sangat berguna untuk menjaga keseimbangan selama kehamilan, menguatkan otot-otot perut, membantumu untuk lebih rileks, hingga mengurangi rasa sakit pada punggung bagian bawah. Sebenarnya sangat banyak gerakan senam hamil yang bisa dilakukan dengan yoga ball. Namun untuk pemula, bisa memulainya dengan pose sederhana berikut.
– Duduklah santai di atas bola dengan posisi punggung tegak
– Buka kedua kaki hingga selebar pinggul
– Luruskan tangan ke arah depan, lalu tahan 5 – 10 detik
– Turunkan tangan sambil menghembuskan nafas
– Ulangi gerakan ini sebanyak beberapa kali

8. Gerakan senam merangkak
Senam hamil dengan gerakan merangkak ini sangat baik untuk mempersiapkan otot-otot tubuh bagian bawah, agar proses melahirkan dapat berjalan dengan normal dan lancar. Gerakan senam merangkak ini bisa kamu lakukan dengan cara:
– Ambil posisi seperti merangkak
– Arahkan pandangan ke arah depan dengan kepala dan punggung terangkat
– Tarik nafas secara perlahan dengan melengkungkan punggung ke arah dalam
– Luruskan kembali punggung ke posisi semula sambil menarik nafas secara perlahan
– Lakukan gerakan ini berulang-ulang.
Nah itulah 8 gerakan senam hamil yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Namun jika masih ragu, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter tentang gerakan-gerakan yang aman untuk kehamilanmu. Selamat mencoba.
https://www.tokopedia.com/blog/8-gerakan-senam-ibu-hamil-untuk-memperlancar-persalinan/