Jumat, 08 Januari 2021

Mengapa Aqiqah?

Filled under:

 Kelahiran memang merupakan simbol dari kebahagiaan dan awal yang baru. Dalam islam, kita mengenal istilah “Aqiqah” sebagai bentuk syukur atas lahirnya seorang bayi. Aqiqah menjadi budaya yang selalu berkembang di masyarakat. Secara bahasa, aqiqah memiliki arti “memotong” yang berasal dari bahasa arab “al-qat’u”. Terdapat juga definisi lain aqiqah yaitu “nama rambut bayi yang baru dilahirkan”. Menurut istilah, aqiqah adalah proses kegiatan menyembelih hewan ternak pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan.

Aqiqah bukan hanya dilakukan pada hari ke 7, ada sebagian masyarakat yang baru melaksanakan aqiqah setelah hari ke 14 atau bahkan hari ke 21 kelahiran. Porsinya pun berbeda, bagi anak laki-laki, maka diwajibkan untuk memotong dua ekor kambing sementara bagi anak perempuan hanya satu ekor kambing saja.

Secara sunnah, hukum aqiqah adalah sunnah muakkad, atau sunnah yang harus diutamakan. Artinya, apabila seorang muslim mampu melaksanakannya (karena mempunyai harta yang cukup) maka ia dianjurkan untuk melakukan aqiqah bagi anaknya saat anak tersebut masih bayi. Sementara bagi orang yang kurang atau tidak mampu, pelaksanaan aqiqah dapat ditiadakan.

Secara wajib, menurut hadist riwayat Ahmad yang berbunyi “Anak-anak itu tergadai (tertahan) dengan aqiqahnya, disembelih hewan untuknya pada hari ketujuh, dicukur kepalanya dan diberi nama.” (HR Ahmad), aqiqah wajib dilakukan. Dengan berpatokan pada hadist di atas, para ulama menafsirkan bahwasanya seorang anak tidak dapat memberi syafaat pada orangtuanya apabila ia belum diaqiqah. Meski demikian, pendapat ini masih kalah dengan pendapat bahwa aqiqah adalah sunnah sehingga ditolak oleh banyak ulama.

Ada berbagai jenis layanan aqiqah yang akan Anda temukan di sekitar Anda. Hanya perlu berselancar di mesin pencarian dengan kata kunci Aqiqah Solo, Aqiqah Kudus, Aqiqah Pekalongan, Aqiqah Tegal, dan Aqiqah Semarang atau masih banyak lagi. Anda dapat memilih berbagai layanan yang disediakan oleh Aqiqah Plus Solo untuk memenuhi kebutuhan Aqiqah Anda.


-----------------------------AQIQAH NEW NORMAL-----------------------------